16.4.11

Conservation Camp!

Kegiatan ini sebenernya udah lama tapi ya ga ada salahnya juga buat di share.

Tanggal 26-28 Januari 2011, gue sama 3 anak SMAN 6 Bogor lainnya (padang, uchan, rio) dikirim buat jadi peserta kegiatan dari pemerintah (dephut) yang namanya: 

Kemah Konservasi

Lokasinya di Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol / PPKAB. Tempat itu sama sekali udah ga asing buat gue sama Padang yang emang seneng main kesitu :)
Jadi kita berempat berangkat dari sekolah, sendiri. Ga ada yang nganter, ga ada yang jemput.
Pas nyampe langsung disambut sama senyuman hangat (eya) dari Bang Elan sama Bang Eryan :)) terus kenalan juga sama bapak2 dari Dephut dan tentunya temen temen baru sesama peserta dari sekolah lain. Dari situ, kita berangkat ke dalem PPKAB yang agak pelosok dianter pake mobil sampe kampung terakhir, sisanya kita tempuh dngn long march.

Lumayan juga, udah lama ga jalan jauh, ditambah terik matahari yang menyengat, ga lupa gue pake kemeja lapangan Remapa yang warnanya Hitam! Niceee. 



Sampe di PPKAB gue lega banget. Tas yang lumayan berat langsung gue turunin, duduk dan minum ngelepas dahaga haha disini ada pembukaan gitu dari Ketua Panitia dsb. Semua kakak kakak (entah kenapa, mereka udah tua tapi pengen dipanggil kakak -_-) dari Departemen Kehutanan.

Kegiatan pertama, kita kumpul di satu ruangan. Perkenalan segala macem dan ada Pra-test ! Yang gue inget pertanyaannya:

  1. Apa yang kamu ketahui tentang Hutan?
  2. Apa yang kamu ketahui tentang Konservasi?
  3. Apa yang kamu ketahui tentang Taman Nasional Gunung Gede Pangrango?
Dan masih banyak lagi. Seruuu. you know I love those kind of things haha

Ga kerasa udah jam 17.00 semua peserta dibagi jadi 4 kelompok. Jelas, yang satu sekolah dipisah semua. Jadi gue ga sekelompok sama padang (satu-satunya partner gue disini)
Gue dapet kelompok 1. Kegiatan kelompok yang pertama itu:

#1 Blindwalk

Kita diajak sama 2 kakak mentor namanya kak Asep dan kak Ary ke pelosok hutan gitu. (Sayangnya gue udah beberapa kali pernah ke 'pelosok' itu hehe) kita disuruh baris, masing-masing dibagiin kain hitam buat nutupin mata, dan disuruh megang pundak temen yang ada di depan kita. Sesuai judulnya, "Blindwalk" kita disuruh jalan di tengah hutan, ngandelin indra selain penglihatan. Jadi (ceritanya) bener2 ngerasain suara-suara yang ada di hutan. Sampe akhirnya disuruh lepas pegangan dan dipencar-pencar. gue disuruh pegangan sama satu pohon gede.
Yah sebenernya disini gue ga begitu paham sih maknanya. Abis gaying.. Tapi bagus sih sebenernya, tanpa penglihatan kita masih punya 4 indra yang awesome banget :D
Abis itu kita duduk ngeriung, beralaskan terpal beratapkan pohon. At that moment, kita bisa lihat cahaya langit meredup. Gelapnya malam mulai datang dan saat itu juga kita disuruh mencurahkan what we see and what we feel lewat tulisan. Disini kita bener bener menghayati indahnya pergantian hari.. 


#2 Nah kegiatan ini namanya Renungan Senja.


I really loved this! Gue tumpahin semua yang gue rasain. tentang indahnya sunset, rasa aman yang perlahan hilang (karna jelas kita ga berdaya banget kalo udah di dalam gelap), suara-suara binatang malem yang mulai muncul dan macem macem lagi. It was really nice. Abis itu kita ngedengerin kakak-kakak ngebacain cerita. judulnya Cerita Si Bijak. I can tell you, that story really inspired me. to become a better person, course.

Day 1 done : I got so many life lessons and I realized how awesome this Nature could be. :)

Esoknya jam 04.30 kita harus udah standby. Langit masih gelap, dan dengan bermodalkan senter kita berangkat ke pelosok lagi, cuma kali ini lebih dalem pelosoknya. And I never seen that spot, which is awesome. Disana kita duduk (lagi) udah hampir jam 6 tapi langit masih agak gelap, sampe akhirnya perlahan matahari mulai
 muncul dan atmosfer bener bener langsung berubah.

#3 Kali ini nama kegiatannya Renungan Fajar.
Kita disuruh nulis (lagi) dan curahin apa yang kita rasain. Kali ini kita maknain pergantian malam ke pagi. Apa aja yang berubah. Apa aja yang terjadi. I wrote it all down. Gimana suara jangkrik dan binatang-binatang malem hilang diganti sama kicauan burung sama teriakan Owa Jawa yang entah lagi ngapain :))

#4 Next, kita langsung ngelakuin "Pengamatan Burung". which was kind of hard. Walaupun denger suara kicau burung dimana mana, tetep aja buat bener bener nemuin satu burung itu susah banget. Teropong juga useless! Butuh kesabaran tinggi, sayangnya gue udah keburu males duluan hehe gue lebih interested pas ga sengaja dari kejauhan, kita ngeliat Lutung! ada banyak! ehehe it was my very first time and it blown me away. Lucu bangeeet, ekornya panjang, badannya hitam, lagi duduk anteng nangkring di pohon. Ah pengennya sih gue samperin tapi apa daya, jurang memisahkan haha

#5 Analisis Vegetasi
The best word to describe this activity is Boring! sebenernya ini pelajaran berharga banget, disini kita diajarin gimana cara ngitung jumlah pohon, bedain jenis-jenisnya, some kind of like that. Sayangnya, waktu itu gue belum terlalu minat sama "Konservasi" akhirnya temen temen sekelompok gue aja yang sibuk sana-sini ngukur diameter pohon, dsb. Gue cuma ngeliatin, merhatiin dan bilang ke temen gue "Ah ga minat banget gue kalo udah gede kerjanya kaya gini. Ngapain coba ngitungin pohon?" haha Fail -_- sekarang? Gue pengen banget ngambil kuliah fakultas Kehutanan. Bener bener di alam itu ngomong ga boleh sembarangan.

#6 Eksplorasi Air
Siangnya, kita ke jalur yang namanya Kanopi. Adik-adik kelas gue yang pernah gue ajakin kesini, semuanya komentar
 "apaan, udah jalan sejauh itu disana ga ada apa apa, cuma ada jembatan! Tau gitu ga usah kesana, ga lagi lagi deh" -__- tengil banget haha emang sih, perjalanan kesana menguras tenaga banget. si Jaka langsung nyinggung,
"Tuh si Bonti udah pernah, tapi tadi kesana lagi" haha 
view se-sederhana apapun kalo di maknain, di hayatin pasti selalu keliatan lebih indah. Beda kalo dari awal mandangnya udah rendah, "ah gini doang mah di kebun raya juga ada" tapi jelas beda dong ya, kebun raya di tengah kota, ini?? Di daerah gunung gede oooy haha they should show more respect (‾^‾) 

Back to the topic. Gue sama peserta yang lain jalan ke kanopi. gue sengaja jalan di deket Bang Igud sama Teh Mayang hehe seru deh. Bang Igud suka berenti mendadak, metik daun dan nawarin gue buat nyobain..
"Nih, coba deh makan. Enak loh" 
terus gue juga dikasih tau ada tanaman yang namanya pulus. Kesenggol dikit aja bisa bikin gatel seharian. Amazingnya, di hutan manapun, di sebelah tanaman itu pasti selalu ada tanaman lain yang bisa ngobatin efek tadi. Cool.
Oke, destinasi kita kali ini ke Sungai buat eksplorasi air. Buat nyampe sungai, lumayan jauh juga. bener bener kerasa jalan di tengah hutannya. Soalnya tanah buat jalan setapaknya itu kecil banget. kanan kiri banyak pohon pohon kecil. Sampe akhirnya, nyampe juga di sungai. 

Dan korban-korban si penghisap-darah-pacet mulai berjatuhan haha sayangnya gue ga kena. Disini dengan modal saringan, kita nangkep makhluk hidup yang ada di sungai itu.  Ada udang kecil, lintah, dsb. Ternyata dari organisme yang ada kita bisa tahu jernih apa engganya sungai itu. Nah, lagi-lagi disini gue nguap haha gue cuma asyik main air pas temen sekelompok gue serius neliti binatang pake kaca pembesar. Karena udah mulai mendung, kita pun cabut, ngelewatin kelompok lain yang masih sibuk ngaduk ngaduk air. Gue ngeliat padang. Gue jadi kangen padang hahaha kelompok gue yang pertama balik. 

Jalan pulang yang full nanjak gue tempuh lari-larian sama 1 temen gue haha gue mikir, makin lambat makin lama nyampe dan makin kerasa capenya. jadi sekalian aja lari-lari, toh kalo udah sampe bisa langsung tepar haha. Bener aja, pas nyampe, capenya poool. langsung disuguhin minum sama mang oleh (y) beberapa lama kemudian anak-anak yang lain mulai dateng dengan tampang lesu. Gue udah mulai fit lagi.. karna ga ada kerjaan akhirnya gue ngegodain Bang Ayi XD abang kesukaan gue! hehe terus kita makan dan diskusi soal kegiatan tadi. Belum lagi nyiapin presentasi per kelompok tentang apa aja yang udah kita dapet 2 hari ini. 

#7 Pengenalan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
Malemnya, kita ngumpul di 1 ruangan. Sebelum masing-masing perwakilan kelompok maju buat presentasi, kakak-kakak dari dephut ngedongeng soal Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Mereka cerita betapa kayanya flora dan fauna yang ada di sini (tanpa nyinggung kalo sekarang flora dan fauna itu makin menipis karna keegoisan homo sapien -_-)
Besoknya paginya ke Kanopi lagi, cuma sekedar jalan-jalan, liat-liat pepohonan. Disini gue jalan sama Kak Ary yang masih muda banget jadi tiap gue nanya "kak ini namanya pohon apa?" dia nyengir sambil bilang "hehe ga tau ya.. coba tanya ke kak asep" haha gimana sih -____-

#8 Surat Kenangan
Balik dari eksplor Kanopi, kita disuruh Bang Ayi buat nulis yang namanya Surat Kenangan.  Jadi kita ceritain apa yang kita alamin disini, gue kira suratnya itu buat abang-abangnya tapi ternyata engga. Surat itu (rencananya) bakal dikirim lagi ke kita tapi bertahun-tahun kemudian. Biar nanti pas kita baca surat itu, kita bisa ngenang Kemah Konservasi ini.

It was really great, gue dapet banyak pelajaran, gue dapet banyak kenalan, seengganya gue udah ada bekal kalau emang nanti gue jadi ngelanjutin kuliah di bidang Konservasi Sumber Daya Hutan hehe

Kemah 3 hari ini juga makin ngebuka mata gue, alam itu bener-bener amazing. Sayang banget kalo ga kita rawat, ga kita jaga, apalagi kalo ga kita peduliin. Sayang banget beneran.

So we'd better open our eyes, back to the nature, love it like you love yourself.

No comments:

Post a Comment