16.8.11

Buka Bareng versi Remapa

What an epic day!!


Di hari Sabtu sore, Remapa SMAN6 ngadain Buka Bareng Bersama Anak Yatim (oke ini kalimat ga efektif, karna pake bareng dan bersama tapi yaudalah, somehow lebih enak dibaca)

Pulang sekolah ngumpul dulu sebentar sekitar jam 12 lewat gue sama Apip pulang dulu, niatnya ke rumah gue terus ke rumah dia baru deh ke rumah ica yang jadi lokasi buka bareng tahun ini.
Di jalan pulang, gue emang biasa naro handphone di kantong rok. Ngelewatin jalan raya depan Jambu, awalnya gue ga ngeh tiba tiba dari belakang ada Ibu-Ibu lagi nyebrang teriak teriak "Mas..! Mas..!" Sambil ngelambain tangan, si Apip tetep jalanin motor. Gue ngeliatin, bingung.. Ibu itu manggilnya "Mas" gue kan cewe, jadi gue abaikan. Ngelewatin lampu merah, dari belakang ada mba-mba ngebut, kaya lagi ngejar gue sama apip. sambil ngelambain tangan megang sesuatu warna item, gue ga ngeh sumpah. Seperti biasa, cangak. sampe akhirnya dia teriak,

 "Ini jatoh hapenya!!!" Haaah?! Gue langsung nyuruh Apip berhentiin motor. Turun, dan langsung nyamperin mbanya. Penyerahan hapepun berlangsung dramatis, "mbaaa makasih banget ya mbaaa. Makasih mbaaaa" gue ngucapin makasih berkali-kali. Mba-nya senyum stay cool "iyaa"
Dan ini Alhamdulillah bangeeeet. Jadi inget motivation training waktu sanlat. Semua barang itu kan bukan punya kita tapi punya Allah, jadi kalau hilang pun ya kita harus ikhlas dan kalau hilang itu bukannya kita lagi sial tapi justru ngebuka pintu keberuntungan yang lain. #sesiceramah tapi gue masih jodoh sama handphone gue, karna masih bisa dipertemukan kembali :')

Beres gue sholat, ganti baju di rumah, si Apip ngajak ke sekolah, padahal itu masih jam 1an. Guru dan satpam masih ada dan gue pake baju bebas, gue mikirnya daripada malu diusir mending ga usah. Jadi gue langsung cabski ke rumah Ica. Dari jam 1 sampe jam 4 gue di rumah Ica nunggu anak anak dateng. Gile, 3 jam sama Ica bener bener ga bisa lepas dari ngomongin orang, tau lah cewek.. Padahal bulan puasa. Duh  Terus mulai beres beres, pas bersihin karpet pake sapu lidi gue di bully sama si ica saking letoy-nya gue ga bisa nyapu. zzzz

Jam 3an, Fahrul, Denish sama Hafiz dateng. Fahrul dengan gips di tangan, senyum ngeliat gue nyamperin mereka yang agak ragu rumahnya bener apa engga. "Tuh ada ka bonti, yuk masuk" kata Fahrul. Fahrul ini baru aja kemarin kecelakaan, motor nabrak motor. Dia curhat katanya dia lagi cabut solat jumat mau nyemen, eh di jalan kena musibah sampai tangannya patah. Akhirnya ga jadi nyemen.. Haha lagian niatnya udah begitu, untungnya pas di rumah sakit di gratisin biayanya.

Karna anak anak yang lain belum ada yang dateng selain mereka, mereka mutusin buat mandi dulu di rumah Fahrul yang ga jauh dari rumah Ica. Sekitar jam 4, dateng beberapa motor. Ada Dewa, Bram, Hagi, Hanif, Apip, Iki dkk lah cowo semua. Yang cewe masih di jalan naik angkot.
Disini gue lagi nungguin ikan gurame yang baru aja digoreng sama Ica. Dan hari itu gue dinobatkan sebagai "manusia ikan" sama si laknat FJK. Karena tugas guweee, iya tugas gue, nungguin ikan gurame yang lagi dan udah digoreng. Anak anak lain lari larian kesana kemari, gue terpaksa duduk di sebelah ikan ikan. Karna kalo gue tinggal, ya ludes dimakan kucing yang total 4 sudah siap menerkam. Dapurnya si Ica ini emang di luar banget, gue masuk bentaaar aja si ica pasti langsung panik. Ngegoreng 3 Gurame super size itu ga bentar coy, gue ga berani ngebalikin akhirnya si Apip sama Jaka yang 'masak' hasilnya? Itu Gurame pas mateng udah ga ada bentuknya!! Hancur lebur bener bener hancuuur. Si Ica ngomel ngomel, yah mau gimana lagi...haha

Ga lama, anak anak dari Panti Asuhan dateng. Ah so cuuute, kecil kecil lucu sekali. But knowing the fact that they don't have parents.. It just hurts. Setelah pasukan anak kelas 1 akhirnya dateng, mereka duduk bareng anak anak dari panti. Yang kelas 2 sama kelas 3 tetep sibuk sana sini, ngurusin mulai dari makanan, cemilan sampe kado kado. Sumpah capenya kerasa banget, mana lagi puasa.. Kadang gue sempetin duduk bareng anak anak kelas 1.
Jaka sibuk keliaran nenteng SLRnya Iqbal. Oh ya, 2 tahun yang lalu.. Waktu buka bareng Remapa sama anak panti juga, gue iseng pake sorban. Daaan gue langsung abis dicengin sama Jaka dan Apip, "wesss, giring nidji!" Atau sampe dibilang D'massive hii apa apaan! Si Jaka girang banget ngetawain gue. Dan hari ini, gue pake pasmina, bukan sorban, dikalungin gitu kaya syal. Dan pertama kali ngeliat, mereka langsng keinget kejadian 2 taun lalu dan puas puasin ngeledek gue. "Ada nidji! Ada nidji!" Ya Allah jek... Atau tiap ngomong "Ya ga nidji?" Ngomong sama siapa sih nih orang..

Detik detik menjelang buka puasa, Es Kopyor dibagikan.. Gue yang lagi batuk pilek, nyariin teh manis buat buka puasa. Si Nanda dengan baik hati pun bikin Teh manis 1 teko full .
Gue duduk bareng sama anak kelas 1 sambil bawa segelas teh hangat, semua baca doa buka puasa bareng bareng, Semburan teh hangat mengaliri tenggorokan gue yang kering. Seteguk, gue langsung lega, ah nikmatnya... Teh ternikmat yang pernah gue minum, asli.
Anak anak panti bareng sama anak anak kelas 1 pergi ke mesjid yang cuma beberapa langkah dari rumah Ica. Anak kelas 1 yang lagi halangan plus Dewa yang orang Hindu, tetep stay. Gue duduk bareng mereka, berempat.. Teh yang lagi gue pegang ternyata bikin Dewa ngiler.

Ga lama, anak anak balik. Karena udah malem, anak anak panti mutusin buat bawa pulang nasi box-nya. Sebelum pamitan kita foto bareng.. Mereka pergi, acara sepenuhnya punya Remapa, horeeee! Makanan dibagiin, kita pun makan bareng. Mereka semua duduk ngelingker, karna males nyari tempat, gue duduk di tengah tengah, si Ica yang ngeliat gue reflek ngomong, "eeeh.. Bonti ulang tauuuun!" Dan mereka semua kompak tepuk tangan sambil nyanyi "selamat ulang tahun kami ucapkan" hahaha gue nanya "mana lilinnyaaa"
Anak kelas 1 yang duduk ngehadep ke gue nanya "beneran ulang taun ka?" Gue ketawa "ah engga, gue mah November haha"

Terus Bang Bojong ngasih sambutan selamat datang, pesen pesen, kesan, harapan harapan. Gimana bang bojong seneng kalo kegiatan yang kita adain semakin banyak, beragam dan menarik. Gimana bang bojong seneng ngeliat antusias anak anak kelas 1.
Bang Gema juga ngegambarin kalo Remapa itu beda sama seluruh organisasi di SMAN6. Lu ga bakal nemuin kekeluargaan seerat di Remapa.
"Remapa emang bukan segalanya tapi segala sesuatu semua berawal dari Remapa"

Abis itu kita ngobrol segala macem, ketawa ketawa bareng.. As background, ada kembang api dari jauh yang keliatan jelas di langit. How sweet.. Each of every one of them makes me happy. 

Selesai acara, panitia sama alumni masih di rumah Ica. Ka Iqbal ngeluarin laptop buat masukin semuuua foto foto Remapa yang ada di SLRnya. Mulai dari Remapa goes to Dufan sampe buka bareng ini. Then the laptop went dead. Dia ga bawa charger, akhirnya nanti disuruh ke rumahnya aja buat ngambil sebelum dia balik kuliah ke UGM (mau nyusul dong kakak)
Iqbal nengok ke gue yang duduk di sebelahnya, "ngapain lu disini?? Sana bantu beres beres, ini mah alumni aja yang duduk..." Eh? ya kaak galak beud dah haha.

Gue masuk ke lokasi kita makan bareng tadi, semacam garasi yang panjang. Anak anak lagi sibuk gulungin karpet karpet, ngangkatin barang barang sama nyuci. Gue dengan santainya ngelewatin Apip sama Ica yang baru mau ngelipet karpet, "sorry yah, gue alergi debu jadi ga bisa ngebantu" awalnya mereka diem ngeliatin gue, sampe terdengar aba-aba Apip dan semua seketika gelap!!! *dramatis
Gue dikepung, karpet yang gede sengaja di lingkerin ke gue, kiri Ica kanan Apip. Karena disitu gue lagi bawa toples kaca, gue jadi ga bisa nahan keseimbangan *plis bilang ada hubungannya. Dan gue pun jatuh ketimpa karpet laknat dan gue bener bener... Seperti... "Bonti dadar gulung"... Sialan, emang sialan.

Sambil mengumpat kata kata halus, gue keluar dari tempat yang membahayakan jiwa tersebut. Semua sibuk, nyuci dan mungutin sampah. Gue celingak celinguk mondar mandir, maaf ya tapi gue emang cangak. Ada 1 cowok namanya Bram, entah kenapa orang orang ngecengin gue mulu sama dia. Dan ada anak kelas 1 yang bilang "Lama lama si Bram mirip kak Bonti ih, sama sama cangak" haha is cangak contagious? lol hope it is. Biar gue ada temen.

Terus gue, padang, ica, apip, iki sama hilman duduk duduk ngeriung. Talking bout random stuffs. Dan gue selalu jadi bahan cengan T_T
Si Padang ketawa "atuh si bonti mah, kalo dicengin teh pasrah mulu" well he's not the only one.. Waktu itu si Hubab pernah bilang "kaya si bonti dong, kalo dicengin sabaaar banget.." Sebenernya sih gue lebih prefer dibilang "slow" ya ga lucu juga kan kalo di cengin, reaksinya: "Iiiiih, Padang maaaah, jangan ngeledekin terus dooong. Padang nyebelin deeeh, ah bete aaah. Gamau ngomong sama Padang lagiiii. Uuh" *nginjek tanah ala Udin*
Geleuh kalo kaya gitu, jadi ya mending cengar cengir aja sambil komentar "sialan lu, ga gitu juga kali haha" namanya anak muda, ledek ledekan mah biasa, lebay banget kalo harus sampe pundung. Waktu ke Karimun Jawa, si Gagah pun sms "Bons, I wish you were here.. Ga ada bahan cengan.." Hahaha so we just have to take it easy on life, then everyone will enjoy being our friend :p

Abis itu kita kepikiran buat main kartu! Kartu pun dibeli, dan kita maiiin. Gue, Apip, Hilman sama Ica main tepuk nyamuk. Disusul Padang sama Iki yang pengen ikutan. Sumpah yaaaa, disini tuh asliii ngakaknya sampe sakit perut. Kocak bangeeeet. Dan kita seenaknya ribut ribut, pas anak anak klas 2 lagi ngobrol ngobrol sama Alumni. Waktu ga kerasa banget, ketawa ketawa sambil main kartu with these awesome partners. What a happiest moment. Sampai akhirnya sekitar jam 9 kita pamit, say thank you dan minta maaf karna ngerepotin banget ke Ayahnya Ica. Apip balik sama Azmi, Bang Bojong sama Teh Fitri, gue, Nanda, Rere, Bang Gema balik nebeng mobilnya Iqbal.

Berhubung masih ada nasi box sisa sekitar 10an. Kita mutusin buat keliling Bogor nyari pemulung, anak jalanan, or anyone who needs help.

Nanda Rere Bang Gema sama Iki udah turun, seperti biasa gue disuruh duduk di depan sama Iqbal, biar ga berasa supir haha. Sepanjang jalan, kita ngomongin "kerasnya hidup di Jogja" Ka Iqbal ngasih banyaaaak saran, contohnya kaya, 
"Kalo lu ngerantau, nanti usahain minimal setahun lu jangan pacaran dulu. Beneran deh, jangan sampe kemakan rayuan cowok. Cowok tuh sekalinya dikasih pasti minta lebih. Jangan sampe pokonya.
Terus juga kalo ada yang nawarin hal hal ga bener, jangan sampe ikut-ikutan dan terjerumus, 
"Gue nih ya, temen temen gue banyak banget yang ngajakin ngerokok lah, minum lah.. Awalnya gue bilang iya iya aja, tapi pas praktek, 'wah gue engga deh' ntar kalo di tolak mulu juga lama lama cape, ga bakal di pengaruhin lagi"

Ka Iqbal hebat banget.. Walaupun dia bilang "Jogja tuh dari luar emang kalem, tapi dalemnya, aduuuh" Hebat bisa ga kepengaruh, bisa punya banyak temen tapi tetep lurus jalannya.
"Pokonya gimana diri kita aja.." I think its because he loves his mom sooo much. Inget pas lagi ke rumahnya Ka Iqbal, Ibunya negur dia "Jangan pake celana pendek dong dek, malu tuh ada cewe... Jangan mau manggil Iqbal kakak, panggil aja adek, masih kaya anak kecil gitu.."  ahahahaha.

Sekitar jam 10 gue pun nyampe rumah, say good bye sama ka Iqbal and that's it.
Gue langsung iseng buka twitter, dan begitu gue liat tweet2 anak anak kelas 1 yang rata rata isinya "Buka bareng Remapa seru bangeeeet!!!" Bikin gue senyum senyum sendiri. Ah their happiness makes me happy. Seneng rasanya bikin orang lain seneng. Another great moment with Remapa and I can share it with those kids. Semoga semuanya masih pada betah ya di Remapa, 
I LOVE YOU GUYS !

No comments:

Post a Comment