9.8.11

Lintas Alam!

LKA itu Lomba Kenal Alam atau biasa disebut Lintas Alam/Cross Country. LKA yang gue ikutin kemaren diadain sama anak anak Satya Soedirman, pecinta alamnya Smansa Bogor.
Berhubung ada beberapa temen gue disitu jadi panitia akhirnya gue mutusin buat partisipasi.
 

Sebenernya gue ngajak anak anak udah dari jauh hari tapi sempet ga jadi gara gara tanggalnya persis abis kita UAS. Tapi ternyata LKAnya diundur jadi tanggal 10 Juli 2011, pas kita liburan. 1 Regu butuh 5 orang, gue ngajak Ica, Jaka, Hubab dan Gagah.
 Gue udah pernah ngebolang sama mereka dan mereka ituuuu asyik, selow, ga riweuh tapi rusuh. so I couldn't ask for better partners.


H-1 kita briefing di sekolah. Sebenernya cuma bentar tapi lama di sesi curhat anak anak yang baru aja balik dari Pulau Karimun Jawa. Cerita segala macem, dari yang mereka nemuin ubur ubur dipantai terus ditusuk tusuk sampe mati sampe si Jaka nunjukin temuannya yang katanya Fosil Bintang Laut. Dan dengan polosnya gue bilang 

"dari Toko Souvenir?" Si Hubab ngakak, si Jaka protes, si Gagah ngebela Jaka. 
"Asal lu dari toko souvenir, nemu dong di laut" -__- haha

Hari H kita janjian setengah 6 dan belum lengkap sampe jam setengah 8 dan acara dimulai jam 7. Great. Padahal total kita cuma ber-8. Abis Gagah dateng kita langsung cabs. Apip, Padang sama Uzi pake motor. Tim gue (ceritanya kompak) jalan dulu buat naik angkot 06 sampe BTM. Dari situ kita nyebrang dan naik 03 biru buat ke Lap. Kebon Jati yang jadi start LKA. Pas mau naik, angkotnya penuh banget, belum sempet gue naik, angkotnya udah jalan! Pelan sih jalannya dan anak anak pada,

"duluan ya booon" anjir masa gue ditinggal haha sampe akhirnya pada kasian si Hubab geser dan kesisa tempat sempiiit banget akhirnya gue naik. 
"Gue ga bakal ninggalin lu kok, lu kan aset gue" kata gagah.
Di kiri gue Hubab di kanan gue ada Mba-mba. Dia nanya kita mau kemana dan mau ngapain. Sebenernya gue udah jawab singkat dan anak anak pada ga denger. Tiba tiba si Gagah sama Ica gandeng, 
"Bon ih jawab! Itu ditanya"
"Tau sih parah lu mah malah didiemin
ih ya Allah gue udah jawab... sakola banget kalo kata hubab eh sakali maksudnya. Akhirnya satu satu mulai turun jadi ga mepet lagi, si mba-mba sebelah gue mau geser dan ga sengaja sepatu gue nginjek sendal dia, 
"Eh dek! dek! jangan diinjek dong sendal gue
gue nengok "Eh iya maaf mba maaf"
anak anak langsung pada ketawa, "ah elu bon dimana mana nyari masalah mulu" -___-

Sampe juga akhirnya di lapangan dan udah rame banget. Gue nyari Mira, dia nyamperin gue ngasih tau tempat registrasi. Disitu ada Ratu, Nabilah sama Novia yg langsung senyum pas liat gue nyamperin. Oh ya, btw, gue Ica Jaka Gagah Hubab pake baju olahraga 6 dan di kepala kita kompakan pake headband SUPERSIX.

Setelah banyak basa basi akhirnya kita berangkat jam 8.26. Karna kasian sama timnya Padang yang cuma bertiga bareng Uzi, Afif jadi dibarengin aja. Awalnya masih semangat. Banget. Gue merhatiin jalanan nyari rambu (penunjuk arah) yang emang harus dihitung. Di track awal kita ngelewatin perumahan, pas lewat satu rumah ada jendela yg ga begitu gede, gue ga tau ada dorongan apa tiba tiba gue jinjit ngeliat ke dalem jendela (tapi ga keliatan apa apa) dan anak anak yang dibelakang gue langsung pada rusuh. 
"Ih!! si bonti ngapain ngintipin kamar orang! Ga gitu juga boon. Wah parah lu ngintip ngintip" mereka nyeletuk segala macem. Ga sengaja, tau......

Jalan terooos sampe akhirnya ketemu sawah. Gile, jalan aja harus ngantri saking banyaknya peserta. Akhirnya kita nunggu, dan ada rombongan anak SMAN 4 motong jalan lewat sawah. Ternyata planning mereka ga berhasil, abis motong tetep aja mereka harus lewat jalan antrian. Mereka nyoba nyelip sampe Regu gue ngelewatin mereka. Anak anak pada bilang,

 "jangan kasih jalan! jangan kasih jalan!
Ica paling depan, pas salah satu cowo SMA 4 itu mau nyelip dia langsung ngalangin. Abis Ica, gue tetep ngalangin mereka. Dan baru jalan beberapa langkah, wuuuzh!! Ada lubang gede banget dan bodohnya gue ga ngeliat! Satu kaki gue jatoh ngejeblos dan itu tinggi banget. Wanjeeer. Apip langsung reflek narik tangan gue dan gue langsung kabur. Malu bangski. Keselnya, anak anak SMA 4 itu pada teriak "Mampusss" anjir. Ga gitu juga kali, siapa suruh motong jalan.

Jalan lagi jalan lagi.. Gue masih biasa aja sampe gue ngeliat hijau hijau (warna slayer peserta) di kejauhan dan itu tinggiii banget. It means bakal ada banyak tanjakan disana. Sebelum ketemu tanjakan, gue udah mulai agak lemes nafas gue ga teratur. Tapi gue paksain. POS 1 udah beres, cuma nyerahin soal yang dikasih. Disitu temen temennya si Mira semua. Ada Angga, Iman sama Egi haha.



Jutlan, tanjakan session dimulai. Sebenernya biasa aja, selain bikin pegel. Tapi berhubung gue lagi ga fit (kata Hubab, alesan -_-) jadi yang namanya melelahkan dan bikin olap itu bangeeeet. Gileee. Syukur Alhamdulillah I have damn great friends. Di tanjakan tanjakan yang menyiksa fisik dan mental, Hubab sama Gagah selalu ngebantuin gue. Gagah nawarin bantuan "tarikan", jadi dia bawa tongkat dan gue pegangin tongkat itu biar ringan dikit. gatau juga sih itu efektif apa engga. Di belakang, Hubab bantu ngedorong gue biar gue jalan terus dan ga jatoh. Dan mereka selalu nyemangatin,
 "ayo dikit lagi" atau kalo ada turunan di depan mereka bakal langsung excited bilang
"Boooon! Di depan ada turunan! Ayo ayo!
Atau pake kalimat unyu "ayo cemunguuudh" haha. 
Kalau ga ada mereka gue pasti udah give up. Nyerah dan pulang ke rumah. Mereka itu baik banget. Dan sabar. Gue berapa kali deh minta istirahat, break minum atau sekedar diem sebentar. Dan mereka selalu nungguin. 

Its all about the journey, not the finish line. When you have awesome friends beside you along the journey, you won't care about the goal.

Mostly, Jaka jalan paling depan belakangnya Ica atau Gagah. Dari mereka ke gue, pasti ada jarak yang lumayan soalnya gue udah lemes banget, nyaris olap. Dan si Hubab baik banget mau nemenin dan bantuin. kalo dia jalan depan gue dan tiap gue pegang tasnya, dia reflek nengok dan nanya "kenapa bon?" atau sekedar nyemangatin. Dan di beberapa tanjakan, kadang gue suka narik tas dia buat bantu gue jalan nanjak. Dia ga protes sama sekali (beda sama Ica, tasnya gue pegang aja langsung ngomel ngomel)

Oh ya, sejak gue jatoh di lobang tadi, gue jadi susah jaga keseimbangan
(eh, itu mah emang dari dulu. Sampe dibilang "kaki bayi" sama fauzan saking fragile-nya. Eyaaa).
Jadi, tiap ngelewatin sungai kecil yang ada batu batunya atau tanah yang basah dan licin, pasti langsung, "wah si Bonti nih.." Muuph ya guys.. Kata Abang di Remapa juga,
"elu sih... pake sendal gunung tapi jiwa sendal jepit! Gue dong, biar pake sendal jepit juga jiwa tetep sendal gunung" sambil lari lari loncatin batu batuan. -_____-

Sempet waktu lagi di jalan setapak yang sempit, gue lagi berenti ngatur nafas. Si Huda nunjuk ke arah pepohonan yang lumayan rimbun. I mean, buat ukuran "hutan di tengah kota" viewnya awesome. "Liat Bon" dia senyum dan bilang "Subhanallah" gue ikutan senyum sambil nikmatin pemandangan (karna saking capenya ga ada tenaga buat nengok kanan kiri) "keren ya.. Bogor masih ada yang hijau" Terus kita jalan lagi nyusul gagah jaka ica. It was one great moment. Unyu aja ngeliat cowok bisa ngehargain keindahan alam haha.

"Selow bon, jalanannya datar kok" akhirnya nemu juga jalanan datar. Disitu ada pohon pohon karet yang warna coklat gelap dan sama kaya yang ada di jalanan Kawah Ratu. Akhirnya si Jaka ngeluarin joke-nya. "Ini namanya Hutan apa hayoo? Hutan Hitam soalnya pohonnya warna item" Dan si Hubab ngakak pas bagian Jaka bilang "Black Forest". Jenius emang hahaha pertama denger pas di Kawah Ratu juga gue ngakak.

Sejak ninggalin semua tanjakan di antara pos 1 sama pos 2 tadi, anak anak keliatan lebih ceria. Mulai pada ngelawak ga jelas tapi tetep bikin ngakak. Terus kita sempet duduk bareng regu Bapak-Bapak yang ramah dan ceria sekali. Dan ada satu bapak-bapak yang ganteng banget (kata Ica). 
"Duluan ya paak!" Kata gue yang berdiri terakhir pas anak anak udah mulai jalan lagi. "Iya, monggo, mari, silahkan" kata si bapake. Nah, dari sini mulai deh banyak turunannya (tapi bukan berarti ga ada tanjakan) dan ada satu turunan yang tinggi, ga curam, tapi licin!! Hubab paling depan, bantuin gue -karna kalo ga dipegangin, gue pasti jatoh ngegelinding- di belakang gue Ica terus Jaka. Pas kita berempat udah nyampe bawah, tiba tiba ada suara ribut dan Ica lari ke arah gue sambil teriak, si Jaka juga lari ngehindar. Dan ternyata, bapak-bapak yang tadi duduk bareng kita jatoh nimpa si Gagah! Anjir kocak banget!! Persisnya gue ga liat soalnya gue ngebelakangin. Tau tau mereka udah dibawah aja padahal tadi masih diatas. Dan si bapak bapak ganteng yang di atas bilang "kamu disitu lagi dong, biar kalo saya jatoh ada yang nahan juga" wakaka dikira Gagah kasur apa. 
Kita lanjut jalan sambil tetep geli. Abis itu kejadian absurd banget.

Terus ada turunan yang curam banget jadi pake tali dan nyaris mirip Rapeling. Kita pegangan sama tali terus jalan mundur ke bawah, hubab ngasih saran turunnya pake tumit. Dan itu tanahnya licin banget tapi gue ga kenapa napa dan langsung nyusul Hubab yang sebelumnya beberapa kali ngingetin gue "Talinya jangan sampe dilepas bon!" kalo dilepas? Ya terbang gue haha

Baru beberapa langkah kita nemu turunan lagi yang licin. Ada satu panitia standby. Hubab turun duluan pake tali yang udah disediain, abis itu gue. Setengah jalan, gue berenti, persis di sebelah panitia. Terus Gagah yang diatas teriak manggil Hubab. Dia mau ngelempar trashbag tapi ga bilang bilang. Nyariiiis aja trashbagnya kena muka gue, sialan banget. Lumayan kali ditimpuk pake trashbag. Belum sempet gue lega si Gagah mau ngasih tongkat bendera ke Hubab. But straight to my face. Gue kira mau dilempar juga kaya trash bag tadi, jadi gue reflek ngehindar ke samping. eh ternyata cuma di oper. lagian, bilang dulu kek. 
Guepun komentar "Horror banget sih" eh anak anak ngedenger dan pada ketawa "Horror? Thriller kali" mas mas panitia-nya juga ketawa "segini belum 90 derajat loh turunannya. Masih belum apa apa" eh? Maksud gue si Gagah yang horror bukan turunannya haha. Ga sadar, gue lanjut turun sambil ngedengerin mas masnya ngomong sampe tiba tiba si Gagah teriak "Boon! Lu mau kemana?!" Gue nengok ke belakang dan ternyata gue udah di tepi jurang! "Awas hati hati jangan sampe keluar jalur" si masnya senyum senyum innocent padahal gara gara dia gue ga konsen jalan.

Anyway, Kata Apip, perjalanan tadi bisa bikin sifat asli orang keliatan. I don't know its true or not, tapi kalo sepanjang perjalanan yang menyiksa itu bener sifat asli mereka... Damn... Mereka bener bener orang baik. Jauh dari kata egois, walaupun sama sama capek tapi mereka tetep peduli temen. Minuman makanan yang terbatas juga ga bikin mereka pelit. Mereka ga mentingin kepentingan sendiri. Jangan salah, gue denger cerita temen gue (Tim lain) ada 1 orang yang gamau ngebagi minumnya, temennya minta istirahat dia jalan terus. See? Ga semua orang bisa baik di keadaan yang ga menyenangkan. In a good time, people always nice. But in a bad time? You'll see the difference.

Sekitar jam setengah 12, gue mulai ngerasa ini kok jalan ga ada abis abisnya. Ada panitia bilang "Posnya 200 meter lagi kok" great. Seengganya ga "kilometer" Tapi tetep ajaaa. Semangat gue mulai pudar dan kayanya udah hilang. Gue dikalahin sama "cape" padahal Huda bilang "jangan dirasain capenya" tapi...Gue berapa kali super melas manggil Ica "ca.. Plis ca.. Ga kuat.." Dan Gagah sukarela bawain tas gue. Terus gue mulai analisa mungkin gue lemes karna faktor laper dan dudulznya gue ga bawa makanan. dengan lingkaran yang bersinar di atas kepala, Gagah ngasih roti yang dia bawa. Tapi gue bingung kenapa Gagah yang badannya paling gede bisa ga laper.

Selesai makan, jalan lagi. Masih ga nyampe juga, 200 meter berasa 200 kilo. Things couldn't get any worse, kaki gue keraaaam! Sumpah deh. Tau kan rasanya keram kaya apa? Tau kan???! Ga selow. Gue nyari spot buat duduk dan pas banget gue duduk di deket dokter dari Puskesmas. Awalnya ga tau kalo dia itu dokter, gue kira bapak bapak salah satu peserta yg ramah banget. Dia nyamperin gue dan bantuin buat ngilangin keram gue. Gue beberapa kali nyuruh Gagah sama anak anak duluan, ntar gue nyusul. Tapi pada ga mau :')

Udah mendingan cabut lagi, tepar lagi. Wahaha, gue lagi lemah bangeeet. Selama ini tuh kalo gue nempuh jalan jauh, secape apapun ga pernah gue ngeluh apalagi ngelambatin anak anak. paling kaya tekniknya si Jaka, 'diem, ngomong seperlunya buat ngatur nafas' tapi sekarang aduuuuh. Mungkin karena 3 bulan terakhir gue ngabisin waktu di kamar, nonton tv, main komputer. ga ada tuh sepedahan, jogging atau jalan kaki yang jauh. Again, gue lagi ga fit (padang juga setuju kok) Tapi tetep aja, gue ngerasa bersalah, ga enak, ngelambatin dan ngerepotin anak anak walaupun kata mereka "selow".

Gue makin lemes dan hopeless karna ga sampe sampe. Jaka inisiatif ngecek dimana Pos 3, dia lari keatas dan ga lama dia balik lagi "bentar lagi sampe kok! Ayo!"
Akhirnya gue paksain, nanjak dikit, belok dan yap pos 3!!!! Finally! Anak anak langsung ke panitia, gue kleyengan nyari tempat duduk. Ga nyampe 2 menit duduk Ica manggil gue. Damn seriusan mau langsung lanjut lagi?! I have no power left... Tapi ternyata, Jaka nyari spot dan kita duduk di rumput. Then, Jaka sama Hubab ngeluarin makanan yg mereka bawa. Jaka bawa mie, Hubab bawa nasi bungkus. Kitapun makan bareng. Kecuali Gagah sama Ica yang entah kenapa ga mau. Gue di protes "sok imut" karna makannya dikit dikit. Ujungnya, gue yang ngabisin nasi bungkusnya Hubab hehehe muup ya bab. Daripada perut kosong, gue makin lemes.. Selesai makan, lanjut lagi.
Sepanjang jalan tadi, mostly jalanannya nyaris kaya di tengah hutan. Rimbun, kanan kiri semak semak. Tapi sekarang, jalanannya penuh sama batu dan matahari straightly nyengat kita dari atas.

Miles away passed, akhirnya kita sampe di finish line! Gilaaaaaa perjuangannya! Gue langsung duduk lemes "akhirnya coy akhirnya!" Persis di finish line ada Novia sama Nabilah yang nyengir liat gue "cape ya??" Bukan cape lagiiii. Abis high five sama mereka gue langsung nyusul anak anak yang udah duluan. We're ended up di pinggir danau, diatas rerumputan. gue langsung tepar, tiduran di rumput, nyender di tembok pake tas buat alas kepala.


Baru mau nutup mata, ada si Mira yang kalo dibandingin sama gue keliatan segar bugar banget (iyalah!) Dia nyapa gue zuper ceria "gimana gimanaaaa??l nyengir lebar haha langsung gue curhat sekilas. Ngobrol ngobrol sama si Mira, perlahan rasa cape yang tadi menyiksa dikit dikit ilang. Dan lebih ngebantu ngilangin lagi pas jailnya Jaka keluar. "Ca, lu mau diceburin ga ke danau? Bon itu si Ica deket kaki lu, tendang aja biar jatoh" haha terus mereka (ica sama jaka) berantem sampe kejar kejaran, siram siraman, oenyoe sekali. Epic fail pas dia bilang "ntar pas lu kecebur ada buaya disitu terus lu dimakan. Eh tiba tiba si Bonti nyelametin, berantem sama buayanya terus si bonti jadi penakluk buaya" apadeeeh. Ini kalo di tulis emang garing tapi kalo denger si Jaka pasti ngakak deh dia tuh otaknya penuh imajinasi banget haha.
Terus dia sempet komentar "Gua kira si Ica siah yang bakal olap eh gataunya si Bonti hahaha" puas ye
Walaupun kita duduk di bawah sinar matahari yang lumayan panas.... tapi ga kerasa banget. All I want is just sitting there with them as long as I could. Its just fun. Really fun. 
Kita ga dapet juara by the way..
tapi kata Hubab, "Ga ngincer menang, yang penting kita senang!!!"

Yang kaya gini nih yang bakal gue kenang pas gue lulus nanti.These awesome adventures to reminisce and memorize someday...... :)

No comments:

Post a Comment