29.12.11

The Days They Won't Forget part I

Sabtu, 24 Desember 2011

Let's start the story......

Sekitar jam 8 pagi kita berangkat dari SMAN 6 Bogor menuju Taman Nasional Gn. Halimun Salak. Pak Wawan nyediain Truk buat kita sebagai sarana transportasi. Perjalanan makan waktu sekitar 2-3 jam-an. Ga ngitung juga sih sebenernya. Setelah melewati view persawahan, perkebunan dan pepohonan akhirnya kita sampai, sampai di gerbang selamat datang TNGHS.



Kita turun, beresin matras dan nyiapin carrier masing masing. Abis itu sempet ngumpul di depan pos, mungkin ngurus masalah perizinan dan macem macem. Gue Ica Jaka Apip (diikutin Padang padahal ga ada yang ngajak) diem diem makan soto mie dulu yang bikin kita ditinggal sama rombongan. Dan semua telat sadar kalo diantara kita berlima ga ada yang tau dimana lokasi dan jalannya. Mana si Hilman yang tadinya mau bareng sama kita sebagai penunjuk jalan, tiba tiba ngilang entah kemana.
Dengan tingkat kepercayaan diri yang tinggi dan navigasi yang pas pasan, kita jalan sendiri semau kita. Yakin ga yakin nelusurin jalan. Sampe akhirnya kita nanya sama mas mba yang lagi pacaran (ganggu ajaaa haha)

"Punten mba, liat ada rombongan lewat sini ga?"
"Engga tuh. daritadi ga ada yang lewat"

Okeeeek. Terbukti kita salah ambil jalan. Dan ternyata Hilman, Nanda, Azmi, Azhar berdiri beberapa langkah ga jauh dari tempat kita makan soto mie tadi haha pada ga sabaran sihhh main jalan ajaaa. (Padahal gue yang jalan paling depan :p) Karena ga mau ketauan nyasar dan keliatan ga tau jalan, kitapun merekayasa kejadian tadi haha ga penting sih sebenernya, dengan nuduh dan nyalahin ica yang nyariin toilet sampe ke ujung jalan :))

Terus kita jalan lagi, briefing sama abang abang alumni, ada Bang Gema, Bang Jo, Bang Salman sama Bang Acos. Upacara Pembukaan pun dimulai. Sempet ngakak pas Azhar, sebagai Ketua Panitia, ngasih pidato. Kaku-nya juara haha keliatan nervous banget. Masih harus banyak belajar yah tung.

Bang Acos :))


Habis itu, kita cabs ke spot ngecamp. Jalan naik turun dan akhirnya sampai. Yang bikin gue seneng adalah ga ada satupun yang manja atau cengeng. Semua kelihatan (atau berusaha buat kelihatan) strong, tangguh, dan ga lemah. Intinya gue salut... Sama kegigihan mereka.
Setelah sampe, langsung ngediriin tenda tenda sama bivak bivak buatan. Bedanya sama angkatan gue, mereka boleh pake ponco dan banyak tali. Lah gue, murni daun daunan, batang dan serat pohon. Mana sempet rubuh pas lagi tidur hahaha what a memory. 
tenda panitia&alumni

Pas malem dateng, tiba tiba dari arah tenda alumni sama panitia ada teriakan, "JAKAAAA....!!!"
Semua nengok, semua bingung. Baru beberapa lama kemudian kita ngeh. Jaka Apip Hilman dari tadi sore  pamit buat nyari jalur trekking... Dan sekarang udah malem, udah gelap gulita banget.
"Mereka kan udah pergi 4 jam... Mana cuma bawa senter satu"
Heeeegghhh, anak anak mulai takut, khawatir. Gimana kalo mereka sampe kenapa napa? Akhirnya kita semua kompak teriak lantang berulang ulang,
"1.. 2.. 3.. Jakaaaa!!!!" Ga ada sahutan.
 "2.. 3.. Jakaaaaa!!!" Tetep hening.
"3.. Jakaaaaa" ............................

Ga lama kemudian, dari bawah ada kedap kedip cahaya senter. Cahaya itu makin lama makin ngedeket. Padang pun teriak, "Jeeeek!!" Dan suara yang udah dinantikan pun terdengar, "oooy??"
Muncul lah 3 sosok bocah petualang lengkap dengan cengiran masing masing.
"Gileee jauh banget, muter muter, mana jalanannya kecil banget cuma muat satu kaki. Gue sama Apip sempet merosot lagi sampe nyebur ke aer hahaha" kata si jek tetep semangat.
Semua ketawa lega. Udah pada mikirin bakal masuk koran aja haha.

Malemnya, gue tidur di tenda. Tenda yang kapasitas 4 orang, diisi sama gue, Ica, Azmi, Icha Tn, Nanda sama Rere. Itu yang namanya dingin, gilaaaak banget dinginnya. Udah pake sleeping bag, melukin ica tapi ga ngaruh! Sepanjang malem gue menggigil, bener bener badan gue sampe ngegeter gitu tiap selang beberapa menit. Pasti karena baju dan jaket yang masih basah gara gara hujan pas siang. Ga basah banget sih tapi tetep aja lembap.Mana gue udah sempet mikir mati aja. "Gimana kalo pagi pagi gue udah ga bernyawa? Gimana kalo gue kena hipotermia? Gimana? Gimanaaa?" *nahan nangis fufufu
Ternyata gue lebay aja, jam 4 atau setengah 5 gue bangun. Bersyukur sama Allah karena masih dikasih umur.


Minggu, 25 Desember 2011


Setelah makan pagi dan sebagainya, gue Apip Ica Jaka Udin Azmi Nanda Rere berangkat buat trekking. Ga lama, Azmi Nanda Rere nyampe di Pos 1 yang paling deket. Lanjut ke pos 2 didudukin sama Ica (yang udah ngeluh kecapean) dan Udin (bodyguard caleuy yang selalu patuh sama Ica). Lanjut Pos 3, ada gue Apip sama Jaka.

Terus kita mulai jaga pos. Di depan tempat gue sama Apip duduk, ada satu tanjakan dari tanah, Jaka udah ngerencanain anak anak kelas satu yang dateng harus ngeluncur disini. Kelompok pertamapun dateng. Mereka turun hati hati banget dan yang bikin ngakak adalah pas mereka nyampe di bawah dengan selamet dan cuma kena lumpur di kaki, tiba tiba dari atas si Jaka grasak grusuk dan jatoh..! Hahaha dia yang pengen anak kelas 1 jatoh malah dia sendiri yang kena. Pele emang.

Udah nyampe bawah, dia berdiri dan baru beberapa langkah jalan, udah kepleset dan jatoh lagi haha kocak aja.
Terus mereka gue suruh duduk, gue ajak ngobrol ngobrol sama ngasih nasehat nasehat. Terus ngomongin materi juga dari mulai survival, P3K, P3GU, climbing dan sebagainya. Ada cerita epic di Pos 1 pas mereka disuruh nyanyi didalem air, ada 'ranjau' yang ngambang dari aliran air di atas. Dan ternyata 'ranjau' tersebut dari si Padang hahahaha jackpot.

Ga lama, isengnya si Jaka keluar setelah nyiram tiap anak kelas 1 yang duduk disitu pake air, dia sengaja ngambil lumpur di tangannya dan meperin ke muka mereka.


"Kesel ga? Kesel yaaa pasti? Gue mah jadi lu kesel deh, dilumurin lumpur gitu"
"ENGGA KA..!!!!"

Gue cuma ketawa. Sempet ada adegan kissing juga nih disini antara Dennis sama Hagi. Pake perantara indomie, eet mantep kaleee haha. Dan Yusran, Hafidz, Nurul dan Mayang dapet kesempatan buat nendang si Udin yang dengan songong-nya nginjek nginjek mereka. Sok jagoan sih hahaha.


Beres semua kelompok kita trekking lagi balik ke spot ngecamp. Gue pernah ngelaluin jalanan ini sama Gagah Icha Jaka waktu lagi libur. Kalo dibilang jauh, ya lumayan banget. Kita jalan dari atas ke bawah sampe akhirnya ketemu jalan raya dan tujuannya balik lagi ke gerbang TNGHS tempat kita pertama dateng. Setengah jalan, gue sama Ica ketinggalan. Tapi kita berdua cuek aja toh gue tau jalan dan emang tinggal lurus lurus aja. Tapi alam berkata lain. Hujan mendadak turun. Dimulai dengan gerimis dan makin lama, makin dereeees! Gue sama Ica panik, kita ga bawa ponco dan emang ga bawa apapun. Untung gue masih pake windbreaker yang ada tudungnya. Kita jalan cepet. Sempet ngelewatin satu rombongan yang lagi neduh di bawah pohon. Dari situ kita berdua mutusin buat lari (karena ngira bentar lagi nyampe) setelah lari beberapa meter, gue baru ngeh,

"anjir ca ini mah masih jauh,beneran" 
"Ih gimana atuh? Disini ga ada orang lagi, sepi banget"
"Yauda mending balik ke tempat tadi yang rame"


Akhirnya kita puter balik dan lari lagi.
Sampe tempat tadi, kita neduh bareng cowok cowok yang barusan kita lewatin. Kalo gue perhatiin dari muka, bisalah dibedain mana cowok 'serem' yang ga bener sama mana cowok 'normal' yang emang baik baik. And they look normal, and young. Jadi kita mutusin buat...

"Mas, mas, mau nganterin kita ga?"
"Hah? Kemana?"
"Ke gerbang depan, masih jauh ga sih?"
"Gerbang? Wah masih jauh banget itu mah"
"Yauda bentar ya mba, masih deres banget hujannya. Mending neduh dulu"


Terus ada 1 cowok dateng dari sebrang, temennya mereka juga, awalnya gue ga ngeh dia ngapain. Ternyata dia nyoba buat berentiin mobil (biar kita bisa nebeng) dan dia ngomong,
"Mba sini mba, kalo saya dikira mau ngerampok nih" haha
tapi si ica takut, "nanti kalo diculik gimana??" dia cuma ketawa, "ya ga bakal laaah"

dan karena usahanya ga berhasil, akhirnya dia, dengan kaos dan celana pendeknya dan dengan kunci motor di tangan, plus kalimat ajaib yang bikin gue sama Ica lega, keluar dari mulutnya...
"Ayo mba, saya anter" dan temen temennya pun ngecengin sambil ketawa dan dadah dadah ke kita,
"Hati hati yaaaaaa"

Dan ternyata mereka bener, jalanannya masih paaaanjang banget!
Gile ini si mas dari Tangerang super super baik banget deh. Kita pun sampe ke POS tempat anak anak yang lain lagi neduh. Mereka agak terkesima pas ngeliat gue sama Ica turun dari motor. Mana gue sempet salaman sama si masnya sambil bilang "makasih banget ya mas!!!"
(Sempet dikira itu ojeg dan gue ngasih duit hahaha padahal cuma salaman)
Alhamdulillah deh, we were just on the right place and on the right time and met the right man :))

Beberapa lama kemudian, hujan mulai agak reda kitapun trekking balik masuk ke dalam hutan. Nyampe sana dan beberapa jam selanjutnya, uuuh sayang sekali tidak lulus sensor dan tidak bisa diceritakan disini haha.
Baru deh sekitar jam setengah 5, kita ngadain games. Gue ngurus kelompok Aji sama kelompok Dennis. Mereka dilombain dan yang menang kelompoknya Dennis. Mereka disuruh naik ke batu dan tanah gitu yang diibaratin podium dan nyanyi We Are The Champion sambil nyiram air dari botol ke kelompok yang kalah. Abis itu gantian, kelompok yang kalah naik ke podium dan mereka dangdutan. Satu anggota harus bisa narikin orang yang jauh dari situ buat ikutan. Alhasil si Risti kena semprot Azmi yang gamau dipaksa haha lagian narik narik seenaknya dikira main tarik tambang apa. Rusuh disini tapi sayang masih ada yang malu malu. Harusnya ga pada perlu jaim, you're already in the middle of nowhere dude, buat apa coba jaga image?

No comments:

Post a Comment