18.1.13

Diklat Sinematografi, Simple Idea Great Movie


   Gak kerasa, asli bener bener ga kerasa 3 minggu berlalu begitu aja sampai akhirnya Diklat Lapangan udah para peserta lalui, termasuk gue. Di diklat ini ada 4 tahap penilaian, pertama dari akumulasi poin selama tiga minggu dan dengan tekad yang kuat dan didukung oleh tebengan yang memadai gue bisa mencapai poin 118,8 dari 134. Kedua, diklat lapangan yang katanya salah satu aspek paling penting yang nentuin kita lolos apa engga. Dan hari yang ditunggu-tunggu pun datang.

    14 Desember 2012. sekitar jam 2an siang kita berangkat dari Kampus C UA menuju lokasi yang bernamakan Trawas di daerah Mojokerto. Perjalanan kurang lebih makan waktu sekitar 3 jam. Kesan pertama setelah sampai di tempat tujuan adalah.. mewah sekali untuk ukuran diklat haha apalagi gue cuma bisa ngebandingin sama diklat pecinta alam. Ya jauh lah. 


Kegiatan pertama yang dilakukan yaitu Survey Lokasi untuk syuting besoknya. Kita jalan jalan keliling wilayah villa trawas itu. Dan pas itu.. ga ada dingin dinginnya sama sekali padahal udah mulai gelap haha then kita dikasih waktu untuk bersih bersih diri dan sholat abis itu langsung makan malem dan ada games. Gamesnya dinamain DPO, Daftar Pencarian Orang, dengan tujuan kita bisa kenal sama seluruh kaka kaka panitia dan sesepuh sesepuh senior. Teknisnya, tiap kelompok dikasih inisial nama nama, harus nebak itu siapa, kenalan, tanya divisi, angkatan dan jabatan, teruuus foto bareng :)) setelah dikasih clue insial, yang jadi target kelompok gue adalaah Mba Mala, Mas Maxi, Mas Irfan, Mba Irma, Mas Edo, Mba Eph, dan Mas Yoga. Terus kita kebagian presentasi pertama, nyebutin tadi kenalan sama siapa aja dan ternyata mas-mba yang kita ajak kenalan disuruh nyebutin nama kita haha.

Mas Mitchi
Lewat ini yang tadinya gatau jadi bisa tau nama nama anggota sinema. Games berakhir, masing masing kelompok dikasih kesempatan buat diskusi pra-produksi persiapan syuting besok. Kita satu-satunya yang ga didampingi sama PK. Mas Ary kebagian berangkat kloter 3 dan katanya ban motornya bocor alhasil beliau ga dateng dateng. Mba Bri dateng menggantikan posisinya Mas Ary dan ngobrol ngobrol sama kita sampai akhirnya... sesosok makhluk yang agak abstrak dengan tinggi 186 berjaket merah masuk ruangan. Tadinya kita mau langsung teriak manggil dia tapi ga jadi, biar dia yang menemukan kita dengan insting PKnya haha. Dan ketika kita sudah dipertemukan, mendadak jadi heboh sendiri haha abis entah kenapa ngerasa ada yang kurang kalo ga ada Mas Ary. Bukan Roll Koprol namanya tanpa Mas Ary :')
   
    Besoknya, tepat jam 6 pagi kita senam. senam absurd. senam abstrak. dan bukan sembarang senam haha. Senam dipimpin sama Mas Kopler dan Mas Faiz yang... sesuatu sekali haha. Pemanasan-senam-pendinginan-senam-pemanasan-pendinginan-pemanasan lagi haha terus joget joget semaunya, sempet dipandu sama Fajar dan gerakan gerakan melambai dipadu sama gaya orang mabok pun dilakukan haha. Keinget SKJ pas LDKS SMAN 6 Bogor. Senam gak warasnya si wawa hubab cs yang menggetarkan tenjolaya haha bikin ngakak. aduh. kangen. oke. lupakan. Habis itu sarapaaaannnnnn. Dan syuting pun dimulai. 

Dari jam 8 pagi sampai jam 3 sore. Dari kamar bawah, pindah ke kamar atas sampe ke taman. Oh iya, disini gue megang bagian lighting...


Kalo inget pas syuting perdana, tau tau Mas Ary ngasih instruksi buat gue ngurusin lighting berhubung gue editor dan belum mulai kerja, tadinya disuruh jadi kameramen tapi ternyata sama lighting ya sepaket. kamera dipegang Jaka, jadi lighting dikasih ke gue. Awalnya gatau kenapa rasanya bete, abis yang paling disuruh suruh ya cuma gue. "Bon, arahin kesitu", "Bon pindahin kesini", "Bon ini...", "Bon itu.." mana lampunya itu besar, tinggi, dan puanaaaassss. Gue juga dapet tugas megangin kertas putih (Harusnya stereofoam) biar cahayanya bisa mantul ke arah objek. 


Ya siapa yang ga bete liat temen temen sekelompok lu asik duduk duduk sambil nontonin, sementara lu harus ngerjain ini itu dan kalo ngerasa cape sendiri tuh jadi dobel capenya. Sama aja kaya cape bareng bareng bikin ga kerasa. Tapi ini engga. Sepanjang syuting perdana malem itu gue berusaha banget buat profesional. Tetep ngejalanin tugas dengan ikhlas walaupun dibawelin mulu. And then, syuting berakhir. Mood gue belum kembali, masih bete kaya awal. Gue pulang sama Jaka, and it changed it all. Jaka juga ngerasa, kok kayanya cuma gue sama dia yang paling cape, paling sibuk. Ga cuma di lokasi syuting tapi kita juga harus bolak balik kampus C buat ngambil dan ngembaliin peralatan. Pas ngembaliin ada Mas Firza di sekre yang langsung senyum dan nanya "wah.. gimana syutingnya?" gue lupa ngejawab atau cuma senyum yang pasti disitu masih mumet banget dan cuapek. Dan setelah direnungkan, ternyata... Kuncinya... Kita cuma perlu ngeliat dari sudut pandang yang beda dan ternyata selalu berpikir positif itu penting.
 
    Gue sama Jaka emang paling capek, tapi ternyata kita juga yang paling banyak dapet ilmu. Gue inget inget pas syuting ditemenin sama Mas Kopler dan emang iya. MasKop tuh bener bener dengan sabar ngajarin gue yang ga ngerti apa apa, entah berapa kali dia bolak balik nunjukin dan praktekin ke gue gimana caranya mantulin cahaya, nembakin cahaya, fungsinya apa, atau harus diapain biar terang, "Sini bon, ta' ajarin lighting ya..." dia jelas jelas ngomong gitu. Gue baru ngeh sekarang. Iya sih, gue dapet pelajaran langsung sementara anak anak yang lain dapet pelajaran cuma dari merhatiin jalannya syuting. Damn harusnya gue bersyukur. Asal gue ga menuhin kepala dengan pikiran negatif aja, semuanya kejawab. Capenya worth it. Dan Zilva, yang tau banget sepanjang malem itu gue bete, bilang, "Kamu tuh bukan disuruh suruh bon. Keliatan banget kok, Mas Ary tuh pengen ngajarin kamu, biar kamu mandiri, biar bener bener bisa sendiri dan ga tergantung sama orang." 

Dan pas diklat lapangan ini, pas lagi syuting di kamar atas. Gue ngangkat lampu sendiri dan masukin lampu ke kamar. gue taro pegangannya dan gue pasang lampunya sendiri, yang tadinya gue tuh, "jakaaa pasangiinn" tapi entah kenapa pas itu gue pengen ngelakuin semuanya sendiri. Gue puter puter dengan hati hati sampe lampunya kepasang di pegangan. Mas Ary masuk kamar, ngeliat gue, dan dia tepuk tangan.. Gue nengok dan kelihatan dari mukanya, dia kaya seorang Ayah yang bangga sama anaknya huahaha. Selama ini, Mas Ary kalo nyebut kita ke panitia yang lain itu pasti selalu pake sebutan "anakku". makanya gue berfilosofi begitu haha. Dia pun bilang "Naaah gitu dooong. Akhirnya bonti bisa mandiri, jadi kalo nanti syuting ga ada aku udah bisa yah.." , "Yaah maaas". Iya, Roll Koprol rawan ditinggal sama Mas Ary yang sibuk nyiapin KKN.

    
Habis itu kita syuting di taman, sempet disamperin Mas Firza. Gue lagi duduk di bawah, tiba tiba gue ngerasa kaya ada orang di sebelah gue tapi ngehadep ke gue, gue ngelirik dan nengok. Taunya Mas Firza lagi ngarahin kameranya persis ke gue. Dan gue salting huaha, "ih ngapain mas?" dan..."CUT!! Boooonnnn!!" Huaha gue bikin bocor. Lupa kalo mereka lagi take :p




 
Mas fir :3

Syuting diakhiri oleh hujan yang membasahi Trawas. Windbreaker Avtech gue bermanfaat buat nutupin kameranya Jaka dan kameranya Mas Odhan dari ujan. Nyampe villa kita langsung makan siang sekalian preview hasil syuting.


Nunggu ujan reda terus kita cuus jalan jalan sore dan foto foto keluarga haha. Sempet ngintip mantengin syutingnya senior-senior untuk film Replikasi.



Terus gue lupa ngapain, makan malem dan dilanjutin sama Debat. Dibagi dua kelompok, pro dan kontra. Debat malem itu ngebahas soal "Novel yang diangkat menjadi Film" berhubung waktu itu nonton bareng bioskop, kita nonton 5cm! Which was really really awesome. Film yang sudah gue nanti nantikan akhirnya bisa gue tonton Premiere-nya, ditemenin sama anak anak Sinematografi pula:)) Debat berlangsung cukup menyenangkan haha walaupun endingnya ditutup sama Mas Adit, "ya, dua duanya sama bagusnya karena dua duanya sama sama hiburan" *badum tss. tidak menjawab apapun haha. Terus ada pemutaran materi. Isinya tentang "apa itu sinematografi" mulai dari visi misi sampe divisi divisinya. Tadinya ada Mas Odhan nemenin disitu jadi operator tapi dia dipanggil akhirnya sisa peserta. Film dimulai, ada suara narator. cowok. "Ya, suara saya yang seksi ini akan menemani kalian...." gue geli sendiri dengernya haha dan ternyata... suaranya itu ga lain ga bukan, suaranya Mas Odhan. Dia cerita sambil cekikikan sendiri, "aku gawe gawe dewe, dubbing dubbing dewe" huaha. Materi beres, kita disuruh langsung istirahat.

        Habis itu....... acaranya... Ya bisa ditebak lah dari jam 10an malem berakhir jam 5 pagi biasanya ngapain haha. Jadi intinya... selama 3 hari itu... gue dapet pengalaman, dapet pelajaran, dapet kenalan kenalan baru, ngasih janji yang harus ditepatin dan sepertinya mulai nargetin divisi yang pengen gue ikutin. Okay then... Masih berharap semoga gue bisa lolos :')





    DIKLAT SINEMATOGRAFI, "SIMPLE IDEA GREAT MOVIE"

    SINEMATOGRAFI UNIVERSITAS AIRLANGGA, "NGGAK CUMA NONTON!"

No comments:

Post a Comment