18.3.13

Watch and Plan...

Ada yang pernah nonton film-film pendeknya THE GRIM FILM di youtube?
Kalau belum, tonton deh. Recommended!
Yang paling gue suka sih Dyslexia, Merdeka sama The Visit. Long Distance Relationship sama romance romance lainnya juga keren. Sederhana tapi ngena. Nah, kalau boleh jujur sih gue terinspirasi banget dari film mereka, terutama yang Dyslexia sama Merdeka.

Gue ada keinginan besar buat bikin film kayak gitu, gue inget kata Mas Dimas soal hal yang penting dari sebuah film itu salah satunya adalah ninggalin kesan buat yang nonton. Dan pas itu lagi pitching idenya Tighfar sama Intan, Mas Dimas tiba tiba ngebahas soal Film Diklat gue dulu, Surprise. Dia masih inget persis adegan adegan terakhirnya, dia ceritain detail, terus ga lama setelah itu ngomongin soal kesan yang ditinggalkan film. Jadi.. Entah film Surprise itu ninggalin kesan yang masih ada bekasnya atau memang Mas Dimas inget karena dia sempet nemenin gue ngedit, dan selama ngedit itu gue dapet banyak masukan, saran dan nasehat. Soal bagaimana tiap shot mempengaruhi penonton dan ngasih arti ke film itu sendiri. Oh iya, makasih juga deh buat Mas Firza yang udah rela, ikhlas, dan sabar banget ngedampingin gue ngedit :p

Okay back to the topic. Gue pengen……… Gue pengen bikin film tentunya, biar gue tau kemampuan gue tuh segimana. Tapi gue ga pengen sekedar bikin film, cuma bikin terus udah aja. Gue pengen.. Ya itu tadi, bikin film yang ninggalin kesan. Dan buat gue film-filmnya The Grim Film khususnya yang Dyslexia, itu berbekas banget! Gue sampe nangis loh pas nonton, padahal filmnya singkat. Semua unsurnya menyatu dengan epic. Segi sinematografinya, lighting dan teknis kamera, ide ceritanya pastinya, dan akting pemainnya juga believable banget. Speechless. Gue bukan tipe yang mudah terharu tapi film Dyslexia itu menusuk hingga ke tulang, ciyus hahaha. Narasi si Anak yang suaranya tuh bener bener ngegambarin kesedihan yang mendalam, di ending juga puncaknya si Ayah ngomong, "Sometimes, I want so bad to tell him that things will get better, but I can't because I don't if they will." Heartbreaking banget deh. 

Yang Merdeka juga kurang lebih gitu, tapi ga bikin gue nangis. Meyakinkannya aktor yang meranin si anak, kejadian kejadian yang nimpa dia dan cara dia ngehadepin kejadian itu, so deep lah.  
"I hope it'll get better" jadi kalimat terakhir yang ada di ending. Btw, aktornya sama, namanya Lionel:)

 

Duuuh. Bisa ya bikin film kaya gitu :'''') (ya bisa atuh bonsss) 
Dan gue ada rencana pengen bikin film based on real story nya anak jalanan, tapi yang masih kecil, tapi kalo ga nemu, gue juga mau mulai nyiapin skenarionya. Cuma kayanya bakal lebih kerasa kalo real, tapi ya gatau lagi sih. Yang gue takutin bukannya indah dan menyentuh malah jadi kaya acara TV jalinan kasih atau entah apalah itu haha

Ya, entahlah, masih wacana, tapi gue bakal seneng banget kalau kesampean buat bener bener bikin ini. It's not about the originality of the idea, ini cuma niat tulus kecil gue yang.. Yah, masih gimana nanti hehe. Tapi above all gue masih harus menentukan tujuan gue buat film itu, kalau masih belum punya jawabannya, berarti ya… Ah, have to find the answer soon! Biarkan gue merenung dulu haha



Bye, then!

No comments:

Post a Comment