5.4.13

Surabaya AnimNation 2013

Senin malam lalu, tepatnya tanggal 1 April 2013, galeri AJBS tampak ramai dikunjungi pengunjung. Cuaca yang kurang mendukung karena turunnya hujan, tidak menyurutkan semangat para penikmat film untuk hadir pada Surabaya AnimNation. Acara Screening Film Animasi Pendek ini diadakan dalam rangka memeriahkan Cergamboree 2013.


Surabaya AnimNation yang merupakan event tahunan ini menampung karya-karya animasi dari berbagai kota di indonesia, tidak hanya dari lingkup surabaya walalu program ini diberi nama "Surabaya AnimNation". Dalam durasi 2 bulan, posting yang ditampilkan oleh Surabaya AnimNation memberi kesempatan kepada karya-karya independen untuk dapat diperlihatkan kepada khalayak umum. Responnya pun positif dan penuh antusias. SIneas-sineas dari berbagai kalangan, mulai dari komunitas, individu, dan sekolah-sekolah mengirimkan karyanya untuk diputar di event ini. Proses pengiriman pun sekarang dipermudah dengan pengiriman melalui e-mail.


Animasi-animasi yang ditampilkan di kreasi dalam berbagai bentuk, mulai dari 2D, 3D, sketsa, hingga stop motion. Pada dasarnya, semua animasi termasuk film pendek, setiap film pendek juga merupakan animasi karena memiliki prinsip yang sama. Pengunjung yang memadati galeri AJBS tampak terhibur sepanjang pemutaran film. Pengunjung juga dapat menikmati lukisan dan sketsa dari para komikus Indonesia. 


Surabaya AnimNation sendiri merupakan sebuah program yang dibuat dengan tujuan menampung karya karya animasi dan sebagai wadah untuk menunjukan bahwa animator animator berbakat Indonesia ada dan patut untuk diapresiasi. 

Untuk ke depannya, Cak Ikin selaku pendiri GathotKaca Studio berharap program ini dapat tetap dan lebih merangkul para animator yang tersebar di Indonesia, serta diharapkan peran dari masyarakat untuk dapat lebih menghargai dan menikmati karya para sineas, khususnya di dunia animasi.

Semoga harapan Cak Ikin dapat terealisasikan dan didukung oleh masyarakat hingga perfilman di bidang animasi di Indonesia dapat bergerak ke arah yang lebih maju.

Cak Ikin

Sinematografi... Gak Cuma Nonton!



Cheers,
Bontisesari, Divisi Edukasi.

No comments:

Post a Comment