5.11.11

Another Journey with Remapa

22-23 Oktober 2011
10.45

Di kelas, gue pamitan ke bu susi yang lagi nulis di papan tulis, anak anak pun sahut sahutan "hati hati ya boooon...!" Gue ngasih senyum sambil ngelambain tangan.
Dengan bermodalkan dua motor, gue, padang, azmi, udin berangkat menuju PPKAB, Lido dari semau6ue.

Belum nyampe setengah jalan, cuaca mulai mendung, udara mulai dingin, dan rintik rintik hujan turun. Makin lama...makin lama... Tau tau hujan udah deres, padang langsung merapat ke warung terdekat.
Sejam kemudian hujan reda, kita cabski lagi.. Sekitar jam 1 kita sampe di kantor Kehutanan, nitip motor dan langsung long march ke tempat tujuan yang masih harus ditempuh 7 kilo lagi. Di kejauhan ada kumpulan cowo cowo setelan anak pecinta alam. Lengkap sama carrier, sepatu pdl, slayer di kepala, dan ada 1 cewe disitu... Ternyata itu temen gue! Namanya Elani, gue kenal dia di bodogol, sempet main bareng dan setelah berbulan2 ketemu lagi di sana.

Gue langsung nyamperin. Ternyata mereka lagi Pendidikan Dasar buat jadi Volunteer Eagle. so cool.
Niatnya sih mau jalan bareng, tapi berhubung padang punya kebiasaan buruk, yang kalo udah jalan ga bisa di stop, cepet banget! Alhasil dia selalu sendirian di depan, jadi ya kita yang cuma berempat dan bawaan yang cuma 1/4 dari bawaan mereka terpaksa jalan duluan.



Nyampe POS, ada 2 bapak bapak lagi duduk sebelahan sama Mountain Bike-nya masing masing..! gue yang jalan duluan langsung senyum dan nyapa, si bapak bapaknya yang kebetulan lagi makan biskuit nawarin kita. Tapi kita mutusin buat jalan terus,
"duluan pak..!"
"Iya, mangga.."


Di jalan, sempet si padang tiba tiba berenti, naro jari telunjuknya di mulut dan nyuruh kita diem. Dia nunjuk ke arah pohon di depannya, kita yang penasaran buru buru nyamperin padang, dan yang kita liat lutung lagi loncat ngejauh. Belum nyampe aja udah ketemu satwa yang seru sih ceritanya Bang Eryan, lagi sendirian persis di jalan yang lagi kita lewatin ini, ada 1 ekor macan loncat ngelewatin persis di depan dia. Gimana coba rasanyaaaa?haha

Ga kerasa, akhirnya kita nyampe di tempat tujuan. Disana udah ada abang abang menanti. Gue nyampe belakangan, gue disambut sama protesnya bang Elan soal sms gue yang ambigu terus ada Bang Eryan yang senyam senyum ngeliat gue, "kayanya namanya bonti nih?" iya aja deh bang haha
Karna mulai hujan, kita naik ke Sekretariatnya Volunteer Eagle, naro tas dan duduk disitu sambil ngobrol. Sebenernya disini kita jobless banget, harusnya tujuan kita dateng duluan itu diriin tenda sama masak makanan. Tapi ya.. gitulah.

Sambil nungguin bocah bocah dateng kita duduk di kursi yang ada di luar, ngeliatin peserta diksar volunteer eagle yang tadi. They looked real tough and fearless. Disebelah gue ada Bang Ejong yang nama aslinya Reza. Dia bisa dibilang masih newbie di situ, dia baru lulus jadi Volunteer eagle dan baru lulus SMA ;)
dan dia cerita segala macem..

Bisa jadi inspirasi juga sih, gimana pas SMA dia ngaku kalo dia bandel dan bego di pelajaran yang bikin dia mikir "3 tahun di SMA masa sih gue ga dapet apa apa?" yang akhirnya dia nyoba ikutan diksar volunteer eagle, "seengganya kekurangan ejong bisa ditutupin sama kelebihan ejong" katanya. Yaa soalnya gue perhatiin juga ikutan volunteer eagle pasti dapet banyak skill yang ga semua orang bisa dapet dan pastinya ga ada di sekolah. Intinya buat apa cemerlang di akademik kalau ga punya keahlian apa apa?
Terus gue sempet curhat gue mau ngambil Kehutanan pas kuliah nanti.
"Wah bagus tuh, kaya Bang Eryan..."
"Iya bang, biar bisa berbuat baik buat lingkungan"
"Nah itu dia, ejong juga pengennya gitu, disini ejong dapet pelajaran kalo kita bener bener harus ngejaga alam. walaupun masih belum sempurna, ga setiap waktu bisa ngelakuin hal yang bener, tapi seengganya kan ada usaha.. "
"Iya usaha sekecil apapun juga pasti ngaruh dan biar kita bisa ngerasa hidup kita ga sia sia"
Bang ejong senyum...

Gue juga sempet ngobrol sama Bang Elan soal upcoming event yang judulnya "Pelatihan Ular" sounds cool. Bang Elan bilang, tujuannya itu biar bisa mengubah pandangan masyarakat terhadap ular. Banyak ular yang mati sia sia karena dibunuh manusia yang nganggep semua ular berbahaya, padahal engga! Ga semua ular beracun, bahaya, agresif, dan mereka ga bakal ganggu kalo ga diganggu. Well, some kind of like that.
Tapi kalo ikutan itu, it means I lost 3 days of school. And I'm a 12th grader, dude. Balik lagi ke kalimatnya bang ejong, buat apa pinter kalo ga punya keterampilan? Lagian gue kan mau masuk jurusan Konservasi Sumberdaya Hutan. Hmmmmm. jutlan.

Mendekati maghrib, bocah bocah mulai berdatangan. Ada Nurul, Ila, Indri, Hanny cs ngelambain tangan. Disusul Aji, Hagi, Hafidz, Dennis, Hanif dan lainnyaa yg gue kasih high five (tos) geez mereka keliatan bersemangat banget! Terutama cowo cowonya, dengan carrier di punggung, pake ponco/rain coat, masih bisa senyum dan ketawa, "ka bonti..!" gue cuma bisa nyemangatin mereka, dan beberapa ada yang protes "woo ka bonti curang, nyampe duluan..!" Ahaha dikira gue ga jalan juga apa "

Kelompok terakhir ada Ica sama Apip yang so sweet sekali pake ponco satu berdua, ada si jek, bram, fiena sama yang lain.. Seneng banget gue ngeliat mereka, walaupun mostly mukanya pada ketutup ponco, I just loved seeing their spirit.
Mereka langsung naik ke atas. Langsung dikasih pengarahan sama Bang Elan dan Bang Eryan.
Maghrib, langit makin gelap. Fyi, disini ga ada listrik sama sekali jadi let me tell you, yang namanya gelap gulita itu gelap bangeeet. Bener bener pitch dark. Ga ada penerangan apapun selain senter. Bayangkan.

Terus gue disuruh duduk sama Ica Apip dan Jaka. Gue ngadep ke mereka bertiga. Jaka nyalain headlamp, Apip juga ikutan nyalain senter di tangannya. Persis diarahin ke muka gue.
"Tadi lu seharian disini ngapain aja?"
"Tau lu, gue kira tenda udah didiriin, gelap gini gimana mau masang tenda?"
 Anjir... Nyess nyess kawan, ternyata gue di bully.
"Tadi tuh gue udah bilang padang, bawa tenda tapi padangnya gamau katanya biar anak kelas 1nya yg bawa. Lagian gue kan pake motor susah bawanya, mana tasnya pada kecil ga bawa carrier"
"Lah emang lu kira tas kita ga penuh?? Kan bisa lu pegang tendanya, ga ada inisiatifnya banget sih!! Mana cuma bawa tas slempang, gaya banget lu. Terus lu ngapain aja disini..??!"
"Ih gue juga bawa ransel kali, ada di bawah! Ya atuh, gue disini tuh ngobrol sama bang elan"
"Oh jadi lu cuma enak enakan ngobrol??"
"Eh maksudnya koordinasi..! Disini mau ngapain aja, gituu"
Dan yaaak, sekian dulu. Intinya, dari mulai mereka dateng ternyata mereka kompakan mau ngerjain gue, nge bully gue huffh.

Selagi panitia masak, anak anak kelas 1 dikasih materi sama Bang Elan & Bang Eryan.
Si Jaka mulai ngeluarin pantun andalannya, 
"Ke pasar jual dukuh.. Dibeli sama raja..." "O atuh O atuh.. O aja O aja..!" Krik krik krik....
Apa banget si jek, dan tiap gue ngomong, dia, diikutin sama apip dan ica, ngebentuk huruf O pake jari dan disodorin ke muka gue "Lu tau ga bon ini apa??" jir sabar beud dah...

Abis materi, mereka makan malem. Yang bikin nyess adalah, pas ica apip jaka dateng dari bawah dan bilang "tadi kita makan dooong.." gue ga di ajak gue laper dan anak kelas 1 itu totalnya 17 orang. Udah ga ada tempat buat nimbrung ikutan makan, segitu aja pada rebutan (makannya di atas daun pisang btw)
Si Ica langsung tau kalo gue udah kesel, bete, pundung. Yang tadinya mau ngerjain akhirnya kasian sama gue.

"Bonti mau makan? Ayo atuh ke bawah bikin mie aja"
Gue diem tapi nurut.
"Jangan berdua ca, ajak siapa gitu, biar aman"
Ica nyariin Apip. Akhirnya kita bertiga jalan ke bawah buat masak. Apip satu satunya yang megang senter, Ica pegangan ke apip, dan gue jalan di belakang. Baru beberapa langkah ngejauh dari tempat semula, mereka jalannya cepet banget...!
Sengaja ninggalin gue sendiri!
Like I said itu tuh gelap banget banget. Kanan kiri pohon pohon lebat. Dan jalan ke bawah itu ada tangga dan turunan, ditambah licin banget bekas hujan. Harus gue terusin jalan sendirian tanpa penerangan? Harus..?! #emosi haha

Gue kesel banget akhirnya gue balik lagi. Antara kesel, takut...dan laper. Gue nyamperin Aji yang lagi berdiri, Aji yang keliatan paling strong diantara mereka, Aji yang dandanannya bukan kaya pecinta alam lagi tapi polisi hutan! Mulai dari atas kepala sampe ujung kaki cocok deh dipanggil polhut.
Dan karna gue ga mau keliatan penakut dan lemah gue ga terang terangan bilang "temenin gue ke bawah dooong" it sounds lenjeh haha so I was like..
"ji.. mau ke bawah ga?"
"ngapain ka?"
"ke bawah aja.."
"yuk atuh" dia langsung setuju
Ga jauh dari situ ada Hagi, yang langsung diajakin Aji
"Eh gi.. Mau ikut ga ke bawah?"
Hagi ngikut, di belakangnya ada Bram
"Ikut yuk bram..!" giliran hagi yang ngajak. Bram juga setuju.

Kita pun berangkat dengan modal 1 senter yang dipegang Aji. Bram yang jalan paling belakang dan paling ga kebagian cahaya berkali kali neriakin aji "ji eh.. ji eh" si aji cuma ketawa. Baru beberapa langkah, si Hagi megang pundak gue, gue nengok,
"Kok malah elu sih yang pegangan ke gue..?"
"Kan kaka lebih tua" -_____-
"Ga ngaruuh, lu kan cowo gimane sih"
Bram ngecengin 'deuuh hagi'
Tau tau gantian aja, gue yg pegangan ke si hagi. Sambil jalan hati hatiiii banget. Licinnya juara coy.
Mana gue sempet hampir kepleset,
"slow ka slow, jangan jalan disitu, itu licin banget. di pinggir aja"
Terus si aji iseng tiba tiba matiin senter, dan semua histeris! haha ga juga sih.. Dengan santai dia bilang, "yaah.. Mati lampu..."
"ji eeeeeh...!!" Semua protes.
Dia nyalain lagi sambil ketawa, pele.. Polhut pele.

Dari bawah ada cahaya senter, ternyata, ica sama apip.
"Bon ngapain..??"
"Ih katanya mau masak"
"Kan kompornya di atas"
"Laaaah.. Kata lu....." *udah mau nangis*
"Yauda di bawah aja deh masaknya"
Akhirnya kita lanjut jalan ke bawah, ica yang tadi ga ngeh akhirnya nanya,
"Lah ini tigaan ngapain?"
dijawab polos, "nemenin ka bonti"
Ica langsung ketawa,
"ya ampun booon.. Lebay banget kebawah aja sampe pake tiga bodyguard!"
Gue nyengir, "iya dong, gue kan eksklusif"

Kita masuk ke dapur bawah, bocah bocah tadi ternyata udah kenyang,
"Udah ya ka, kita ke atas.."
uuuu big thanks banget haha kalo ga ada mereka gue udah kelaperan kali sampe pagi. Lebhay.
Beres makan, hujan turun lagi. Bocah bocah diriin tenda dan ternyata tendanya bocor, akhirnya semua tidur di ruangan, ngampar persis pengungsian. Sebelum tidur ada yang main kartu, dan segala macem. Gue yang udah cape banget, mutusin buat tepar. Cuma berselimutkan wind breaker dan beralaskan daypack.
Dan sumpah itu yang namanya dingin dingiiiin banget! Pake kaos kaki ga mempan, ada puluhan orang sempit sempitan juga ga mempaan.

Semua kebangun jam setengah 5, masih setengah sadar, jaka ngeluarin tuduhan,
"Bon lu ngorok ya? Denger guaa"
"Ih apaan, engga!"
"Ngaku aja lu bon"
Ica yang tidurnya persis di sebelah gue, ngebela gue,
"Engga, bonti ga ngorok"
"Oh berarti kalo bukan bonti, elu ya ca?! Orang suaranya jelas banget dari arah lu berdua"
*hening* haha

Terus gue sama ica ke kamar mandi bawah ditemenin hagi, aji sama bram. Tetep, gelap banget. Ngeliat ke atas, bintangnya banyaaaak dan ada bulan sabit.. si Bram keliatan gentle nih disini, bener bener nerapin 'ladies first' haha

Setelah sarapan, senam, beresin tenda dsb. Kita main games. yang disuruh nangkep temennya yang jatoh. Yang ngerusuh jelas, gengnya si azhar kentung, ada kibaw, romi, icang sama satu lagi. Kocak beud, asli..!
Mana pas mau jatoh, sempet sempetnya nunjuk gue sambil bilang "ini buat lu" haha apa banget.
Lebih rusuh lagi pas main bulan bintang siang malem. Ada 1 orang tiap tim yang ditutup matanya, jalan pake instruksi kiri matahari kanan bulan depan siang belakang malem. Anjir itu yang namanya rusuh rusuh bangeeet. Apalagi kibaw cs yang udah takut bakal di arahin ke jurang, sampe naik naik padahal barangnya ada di bawah. Ada yang kepentok, jatoh, segala macem. Ruhsuhhh.

Puas main, materi lagi sama bang elan
Pas itu gue ngajak padang ica apip jaka buat ke belakang, ngejauh dari anak anak kelas 1. Dan dimulai lah, shooting buat film akhir taun! Haha cuma potongan sih. Niatnya mau ngomong "2012 itu..."
Tapi kita bingung mau ngomong apa, mana pada salting depan handycam.
Akhirnya keluar lah kalimat sakti dari si O-jek.
"Kisah dan perjalanan 2012 itu... Bagaikan perjalanan di hutan belantara seperti di belakang kita."
"Sulit untuk dilalui sendiri tapi mudah untuk dilalui bersama.."
"Hidup 2012...!"
Yaaaaay... Krik krik hahaha
Entah kenapa kita semua girang, jaka padang langsung joget joget.
Terooos, kita ke kanopi. yang sebenernya ga jauh banget tapi tangga2 yang mau nyaingin candi borobudur itu loh yang agak bikin "erghhh" Tapi tiap kesana gue ga pernah tuh absen ke kanopi don't know why.

Gue jalan di depan bocah bocah yang heboh sendiri sama "Rahmat Kelces" yang katanya sih calon ketos.
Terus kita sempet beberapa kali liat owa jawa atau lutung atau mereka gamau ambil pusing dan bilang "itu monyet" weeeh kalo mau liat monyet sih ngapain jauh jauh ke kaki gunung gede pangrango, di kebun raya juga banyaak haha

Sebenernya masih banyak random stuffs yang bisa ditulis tapi skip aja, akhirnya kita pulang.. Anak anak kelas 1 ke bawah duluan, foto foto atau entah ngapain. Kita masih harus nunggu Bang Elan buat pamitan, pas dia dateng gue langsung berdiri dan salaman sama Bang Eryan, Bang Elan.
"Makasih ya baaang" :))) sambil senyum padahal sedih.

Terus gue juga pamitan sama anak anak calon volunteer eagle yang lagi latihan rapeling. Dan ada Bang ejong yang lagi asik mainin tali,
"Bang ejooong..! Pulang yaaa"
bang ejong nengok dan langsung nunjukin senyumnya yang suuuper ramah "eh iyaa.. hati hati yaa"
Terus salaman sama semua abang abang yang ada disitu,
Asik ya dapet kenalan baru haha

Sebelum pulang, bang eryan minta foto bareng, selesai foto, kita dadah dadahan. gue senyum lagi ke bang ejong dan dia teriak, "nanti main lagi yaaa"
"Oke baaang"
Ahaha I just love them.. Sedih harus pulang lagi ke bogor, pulang lagi ke kota. Its weird that I'm saying this tapi diajak ikutan latihan jadi volunteer eagle gamau.
"Ayo dong bon, ikutan volunteer eagle"
"Ih kan jauh bang.. Terus kan masih sekolah"
"Wah salah kamu, ada loh itu yang orang jakarta, bekasi, lah kamu orang bogor malah bilang jauh.. Itu juga banyak yang masih SMA, mereka juga sekolah " -__-

But guess I'm not ready.
Tapi siapkah gue jadi mahasiswa kehutanan yang bakal ngabisin waktu mostly di hutan? Pasti apa apa susah...
Yah, only time, only time can tell..

Salam Lestari..!

No comments:

Post a Comment