7.2.12

Scratch of Dilemma

Jadi.... Berbulan bulan yang lalu, pas gue lagi duduk di meja besar, Adhip dan Hubab nyamperin gue. Awalnya cuma ngobrol ngobrol, lupa ngomongin apaan, sampai tiba tiba...
"Bon lu jadi ketua film angkatan ya!"
Sebelumnya hubab juga pernah sms gue yang isinya,
"...ntar lu jadi ketua panitia pilm dokumenter. Okeh."
Tapi gue tetep kaget. Ga ngira itu beneran. Dan respon gue pun negatif.
"Haaaah apaan? Gue kan ga bisa apa apa"

Perdebatan pun berlangsung. Semua alesan alesan klise kaya gue ga pinter ngomong, gue ga punya skill, dibantah sama mereka.
"Nih bon ibaratnya lu punya sebotol air, orang orang di sekeliling lu kehausan, dan lu gamau ngebagi air minum lu. Kaya gitu, lu punya kemampuan tapi ga lu salurin buat orang lain"
"Ntar juga kalo lu kuliah, atau kerja, ga bakal ditanyain rumus atau nilai lu berapa. Pasti yang ditanya tuh pengalaman lu"

Mereka ngeluarin baaanyak kalimat bijak dan motivasi yang amat sangat ngena di hati. Dan gue lupa ujungnya sampai akhirnya percakapan berakhir. Ya, that's it. cuma itu dan gue mendadak jadi ketua. Tanpa basic apapun. Berhubung Hubab dipilih jadi Ketua Buku Tahunan, gue ga tau lagi harus minta tolong ke siapa selain ke Irzal. Gue ceritain semuanya dan dia bilang,
"siap siap ko gw bantu bantu mah tapi gw jadi bawahan lu bon ya? Pokonya lu yang nyuruh2 gw aja gamau tau"
Dan dari situ lah tanpa formalitas dia langsung jadi wakil gue. Kepanitiaan pun mulai terbentuk dari setiap kelas. Awalnya gue agak ragu, tapi ada kalimat kalimat penyemangat di sms yang bisa membuat gue (sedikit) percaya diri,
Daris: "adhip percaya tuh sama lu, gw yakin lu bisa bons"
Irzal: "itu tandanya mereka tau kualitas lu bon. Mangkanya percaya"
Lira: "Lu kan ga sendiri, ada adhip sama panitia yang lain.. ya berarti ini ga sepenuhnya jadi tanggung jawab lu doang boon. Yang penting lu punya kemampuan, tinggal usaha sepenuh hati buat ngerjain semuanya"
Adhip: "itu tantangan bon tenang aja, hadapi, maju terus pantang mundur. ada gua dkk yang siap membantu, hehe"
Dan ada pesan dari Hubab:
"saran gua mah jangan bnyak kepala bon, ga gampang menyatukan bnyak otak itu. Semangat ya"

Begitulah awal mula dari semuanya. To be honest, I don't have any skill, either about film-making or leadership. So.... Short story, I'm screwed. Sempet beberapa minggu yang lalu puncak 'stress' gue terjadi. Setelah sebelumnya galau dan kesel sendiri, gue ngomong ke si wakil, ternyata kata yang gue kira cuma sekedar kata artinya berat broh,
"Jal.. Gue pengen resign"
Dan ekspresi dia langsung berubah,
"Engga!! Ga boleh"
Gue masang muka melas,
"Ih plis jal..lu gatau sih rasanya"
Iya, mereka semua gatau rasanya. Rasanya ngebawa beban. Beban amanah anak seangkatan. Belum lagi gue diminta buat jadi konseptor buku tahunan kelasan gue. Banyak banget yang harus dipikirin dan tanggung jawabnya berat jujur aja. (sebenernya kalo kita tulus dan ikhlas, beratnya tanggung jawab ga bakal kerasa hehehe)
"Engga, gua tau kalo gua jadi ketua, pasti lu bakal ngilang. Ntar gua ngurus semuanya sendirian. Ga mau!"
 kata dia sambil balik ke kelasnya. Pas istirahat, di mebes, gue nyoba lagi. Gue jelasin panjang lebar kenapa gue tidak layak menjadi ketua, dan gue juga nyari alesan, 
"Pemimpin tuh bagusnya cowo, jangan cewe apalagi yang ga pinter ngomong kaya gue" 
Gue diceramahin, katanya justru biar gue latian ngomong biar ntar di kuliah kebiasa. Dan disitu ada Kutil, argumen gue juga disangkal,
"Nah, kalo cewe dipilih jadi ketua berarti cewe itu tuh di atas cowo. Lebih dari cowo. Lu itu spesial bon. Kalo engga, ga mungkin lu dipilih"   
nyessss.....
"Kenapa coba lu bisa jadi ketua? Lu kira karna adhip cs milih lu? Salaah, semua tuh udah ada takdirnya, takdir lu ya jadi ketua, kalo lu mundur berarti lu belok dari takdir"
Dan si Kecil sempet ngebelain gue, debat sama irjal soal gue yang ngerangkap jadi konseptor.
I: "Udah tau dia megang film kenapa dia yang jadi konseptor?? Kan udah sepakat yang udah di buta ga dimasukin ke film"
K: "Ih lu gatau sih anak anak kelasan gue, ga ada lagiii...."
I: "Ya kan bisa siapa kek, masa dia mau ngelepas tanggung jawab yang lebih besar cuma buat jadi konseptor kelas lu?"
Gue ikutan ngomong, "tapi itu kan menyangkut kepentingan 38 orang jal"
I:"Film emang buat siapa?? Seangkatan!! Lebih penting mana? Lu sih cil..."
Mereka adu mulut, semua salah gue..

Dan pas masuk kelas, gue nangis. Overwhelming banget rasanya. Anak anak kelasan langsung ngerubungin gue. Dan yang bikin gue makin rarieut adalah, pas lagi mikirin itu ada yang dateng bawa buku penuh tulisan dan minta tolong translate ke bahasa perancis. *shot*
Terus Ica marahin gue, "Bonti tuh apa apa dipikirin sendirian sih!"

Beberapa lama kemudian, si Irjal sms, "gue tau siapa yang bisa gantiin lu kalo lu mau turun" dan gue langsung berubah pikiran. Gue maunya irjal yang jadi ketua tapi dia gamau, dan pas dia nyalonin orang lain gue langsung mikir, kalo ketua diganti, dan filmnya ga jalan bener...tetep gue juga yang kena nantinya. Dan guepun membuat keputusan, "Yaudah tetep gue aja" Period.

Dan besoknya Dino ngomong ke Irjal, kalo salah gue itu.. "Si bonti tuh selalu ngotak sendiri, dia yang mikirin semua sendirian. Pas hari H baru manggil panitia. Gimana ga stress? Coba dari awal dia nyuruh ini itu, pasti ga bakal beban"

Ya, itulah salah gue. Sungkan buat minta tolong ke rekan rekan sendiri. Untungnya gue yang ga pinter ngomong ini punya juru bicara, Irjal dan Ica. Yang bisa mengutarakan apa yang ada di pikiran gue, dulu dia juga pernah bilang, "ibaratnya lu tuh otaknya, nah gue kaki tangan yang gerak sesuai arahan lu buat ngasih instruksi ke panitia yang lain"

Kamis, 26 Januari kemarin, terakhir kita syuting. Rabunya, ada gladi resik yang lumayan melelahkan karena harus bolak balik muterin sekolah. Setelah panitia panitia yang lain pulang, Gue Daris Irzal Hubab Ica Galih masih di sekolah dan ngobrol di DPR kelas 12, sampe akhirnya Adhip dateng..
Mulai dari nyemangatin, curhat, sampe ngasih filosofi "orang boker". Awalnya, mereka ngasih motivasi soal apa yang bakal gue dapet kalau filmnya nanti berhasil...
“Ntar lu ga bangga apa, di credit ada tulisan Ketua: Bontisesari”  
“Iya mau nama lu sendiri 15 menit juga gapapa bon gapapa” 
“Ntar satu huruf satu huruf gitu ya, B... O... N.. hahaha”
Terus Adhip curhat soal..... ga deh ga boleh di publish haha YOU SUCH A GREAT GUY, DHIP!!
2012.. dan SUPERSIX beruntung banget punya orang kaya lu! :) *agak out of topic

"Lu liat aja nih bon.." dia nunjuk ke kelas kelas yang kosong.
"Dari ratusan anak, ada berapa yang bener bener peduli?.." lupa lanjutannya apa, intinya gue ga boleh nyerah. Kalau bukan gue yang gerak, siapa lagi.

Disitu gue sadar, anjir bentar lagi gue lulus..gue ga bakal bisa nikmatin momen kaya gini..gue ga bakal bisa ketemu mereka lagi. Haissss. Itulah salah satu alasan gue bener bener harus bikin film angkatan ini! Untuk ngebentuk kenangan yang ga hanya bisa dilihat seperti buku, tapi bisa bergerak, bisa didenger, bisa dirasain. Mereka itu spesial, gue bikin semua ini buat mereka. Karena mereka berarti banget buat gue. Mereka udah ngasih segudang kenangan indah selama gue sekolah di SMAN 6 Bogor. Gue harus tetep semangat sampai film beres dan bisa ditonton oleh seluruh bagian dari 6UE2012 :)

Buat Manggala sama Adam (kalau baca) Maafin gue ya for being a terrible director. Gue masih dalam tahap belajar, masih banyak banget kurangnya. Harap maklum hehehe

Keep the spirit up high!

2 comments:

  1. semangat! gue yakin kita bisa nyelesain ni film!

    ReplyDelete
  2. kaka, follow blos saya juga yah? syaniezaries.blogspot.com

    ReplyDelete