22.9.12

There is Always a Reason.....

Same stories.
3 years ago: Niat daftar Smanti, tapi berubah pikiran dan akhirnya diterima di SMAN 6.
Now: Niat daftar UI, tapi berubah pikiran dan akhirnya diterima di UNAIR.

Sebenernya, alasan dibalik dua hal itu kurang lebih sama.

 Satu kata yang jadi musuh gue selama ini adalah "meremehkan". Yap, tanpa sadar gue meremehkan beberapa hal selama gue hidup yang ternyata sangat berpengaruh. Salah satunya ngeremehin, "ah nyindir senior dikit bakal ada apaan sih" taunya.... the rest is history lah hahaha.
Ini juga gitu, sebenernya ga ngeremehin sih tapi ya gitu lah. Pertama gue under estimate diri gue sendiri, gue mikir smanti you know lah peminatnya banyak, tesnya juga pasti susah dan belum apa apa gue udah minder. Gue compare sama smansix, gantian gue sedikiiiit under estimate sekolahnya. "sman 6 kayaknya peluangnya gede" dan kabar yang katanya peserta nyampe ribuan ga bikin gue jiper sama sekali. Gue tetep nyantai aja sampe pengumuman.
Kedua, ada satu hal yang bikin gue mikir... I was wondering, kalo di smanti.. Kebayang murid muridnya bakal kaya apa, gue bisa 'keliatan' ga ya disana? Maksudnya keliatan bukan ngeksis ala anak gaul, tapi lebih ke achievement gue. Prinsip gue,  gue gamau jadi yang biasa biasa aja, gue gamau cuma jadi "another face in the crowd". Makanya gue beralih ke smansix..

Dan ternyata... Gue ga nyesel sama sekali sama keputusan 'last minute' yang gue buat. Kalo gue ga masuk smansix, gue ga bakal bisa ngebanggain kalo gue bagian dari 6ue2012. Gue ga bisa kenal sama orang orang kaya mereka, punya temen kaya mereka, yang kalo temenan tuh tulus. Gue ga ngerasain drama drama lebay, musuhan antar geng dan sebagainya. Sangat menyenangkan!
gue ga bakal ngerasain jadi anak remapa, kenal orang orang hebat yang inspiratif kaya bang jajang, bang elan, bang eryan, ga ngerasain guru (pa indra) berasa ayah sendiri.. fisik sama mental dilatih.. petualangan petualangan seru dan semuanyaa. Terus bikin majalah, belajar nanganin pressure, dan like hubab said, "ternyata ketika dikejar deadline kerja jadi jauh lebih maksimal". Ngerasain di apresiasiin orang dan dapet penghasilan sendiri juga haha. Sebenernya itu semua bisa aja gue dapetin di sekolah lain, pengalamannya mungkin iya tapi bukan orang orangnya :)

And I think the best compliment I've ever got from my teacher is when bu susi met my mom at graduation, beliau bilang, "subhanallah ibu, anaknya pintar sekali.." Aaaamiiin ya Allah! dan beliau juga ngasih pesan terakhir waktu di kelas, "Bonti.. Jadi dosen yang canggih ya!" Aamiin aamiin :)
Waktu ketemu pak iksan juga, beliau nyamperin, congratulate me and said, "sastra inggris kan bon? Nanti ajarin saya yaa.." ihihi I love them a lot, they boost my confidence and made me realize that this is the path that I want to live in. This is what I'm capable of and this is what my passion is. So, saying goodbye to Konservasi isn't that bad after all :)

Ngerasain diandelin sama orang orang, temen sekelas dateng ke gue buat minta ajarin (ternyata jadi motivasi gue buat jadi dosen), anak kelas lain mulai dari IPA 1 sampe IPS 3 selalu ajaa ada orderan translate, daan inbox banjir tiap ulangan bahasa inggris dan perancis haha. Nyumbang piala, ngerasain bintal eksklusif, satu hal sih yang masih harus gue perbaikin. Kemampuan gue bicara. Kalo urusan ngomong di depan kelas sih ga ada masalah. Cuma kayanya gara gara bintal eksklusif dari senior itu, gue jadi.... Ada yang berubah aja dari gue. Merasa insecure. Merasa apa yang gue omongin pasti bakal di judge orang. Gue takut diomongin, takut salah ngomong, takut respon orang ini dan itu. Makanya gue jarang banget ngomong kalo ga perlu kecuali sama temen temen deket gue. Susah buat ngeluarin apa yang ada di pikiran gue, padahal duluu gue mikir apa pasti langsung keluar gitu aja dari mulut. Makanya gue dibilang tengil. Yah, harusnya gue ga boleh nyalahin kejadian, nyalahin keadaan. Tapi ya gimana, tau tau gue jadi orang yang serius, gue peduli sama kata orang tapi justru bikin gue ga peduli sama orang orang. Ribet. I'm still figuring that out. Ya pokonya mah begituh.
Dear future Bons, you have to take it easy! Don't take it too hard on yourself. Don't think too much, just do whatever you're good at and work it best. Be nice, behave well, you're strong enough to face this harsh life :)
Btw, kenapa nyasar kesitu ya....
Yang mau gue omongin adalah transisi pilihan dari UI ke UNAIR.
Berhubung banyaaaak sekali pertanyaan yang diajukan ke gue,
"kenapa milih unair? kan jauh.. kenapa ga UI, unpad, ipb?"

Well, UI, siapa sih yang gamau masuk UI.. Pertama lagi lagi karna minder duluan, selain UInya, sastra inggris juga termasuk jurusan yang favorit. Peminatnya bejibuuun. Sampai akhirnya ada link dari @info_SNMPTN yang isinya deskripsi dari jurusan sastra inggris, dan di paling bawah ada PTN dan PTS yang akreditasinya A untuk sastra inggris. Then I found out that UI is not on the list. Gue cek di banptkemdiknas. Ternyata akreditasi UI untuk sastra inggris masih B! Dan out of nowhere tiba tiba gue jatuh hati sama UNAIR, gue ga langsung kepikiran untuk tinggal di Surabaya. Yang gue pikirin cuma gue harus masuk PTN bagus. Unair termasuk top 4 ptn di indonesia bareng UI, UGM, ITB. Yang bikin gue somehow ngerasa percaya diri adalah.. Unair itu anti mainstream buat orang bogor, jangan orang bogor deh, buat anak smansix! Disaat temen temen gue mengejar mimpi meraih yellow jacket, lambang ganesha, I stick to Airlangga. 

Dan gue seneng.
Angkatan gue lumayan banyak yang masuk UI, gue mikir kalo gue masuk UI berarti gue "salah satu dari sekian banyak" bukannya mau sok anti mainstream sihhh tapi kalo beda tuh ada suatu kesenangan tersendiri aja buat gue haha. Dan akhirnya dari sman6 cuma 2 orang yang masuk unair (dan dari sekolah lain di Bogor, total cuma ada 6 orang). Kakak kelaspuun, gue cuma tau satu.

Gue seneng bisa bener bener lepas dari masa lalu gue.
Bener bener bisa mulai lembaran baru. New people, new stories.

Dan gue ngerasa bangga deh pas tau sebutan buat mahasiswa unair itu "Kesatria Airlangga" mau diliat dari segi manapun juga, sebutan itu tuh keren!!!! At least buat gue. Ditambah lagi UNAIR resmi berdiri tanggal 10 November 1954! What a coincident haha dan untuk anak yang lahir di Hari Pahlawan dan bisa punya kehormatan untuk menimba ilmu di Kota Pahlawan, rasanya tuh.. Sesuatu sekali haha

Sekarang gue resmi sedang menyandang predikat "Kesatria" yang bertugas untuk memajukan bangsa. Aamiin.



Mom, Dad, I promise I'll make you both proud! Don't you worry

No comments:

Post a Comment